Berita

Perkuat Desain Geoteknik, Mahasiswa ITB Raih Juara 2 di Civil Expo

Senin, 23 Oktober 2017- anne rufaidah

BANDUNG, LK – Tiga mahasiswa  program studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih Juara 2 kategori Paper Desain Geoteknik, pada ajang Civil Expo, yang digelar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, 27-30 September 2017 lalu.

Ketiganya adalah Kevin Jonathan Panjaitan, Robby Setyawan, dan Anggit Dwi Nafisah. Kompetisi yang diawali dengan lomba paper desain ini memiliki beberapa tema yang bisa dipilih peserta, misalkan saja soal pembuatan jembatan, paper inovasi, paper desain, pembuatan gedung parkir untuk menunjang tranportasi, dan soal pembuatan beton dari ukuran kekuatannya.

“Kami mengambil tema soal paper desain yang difokuskan pada perkuatan tanah. Dalam paper itu kami membuat cara bagaimana tanah lembek yang akan dibangun sebuah fly over menjadi tanah yang kuat dan mapan untuk didirikan bangunan seperti jalan layang tersebut,” ujar salah seorang anggota tim, Kevin.

Ia menambahkan, dalam kompetisi yang diikuti oleh hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia tersebut, timnya fokus pada rancangan geoteknik. Hal ini seolah menempatkan para peserta di kategori paper desain itu, sebagai seorang konsultan geoteknik. Biasanya, untuk project real, desain perkuatan tanah biasa dilakukan selama 1 tahun. Namun pada kompetisi ini, desain semacam ini harus selesai dalam waktu 24 jam.

“Pada saat mengerjakan ide geoteknik ini, kami tidak boleh sama sekali mencari referensi dari google atau sumber data lainnya. Kecuali menelpon pembimbing untuk meminta bantuan. Untuk itu sebelum mengikuti kompetisi, kami mempelajari referensi sebanyak-banyaknya,” terangnya.

Selama melakukan kompetisi, menurut Kevin, para peserta diberikan martikulasi untuk mensejajarkan pengetahuan dalam bidang geoteknik tersebut. Tak hanya itu, soal dalam pengerjaan kompetisi pun merupakan project real yang ada lahan dan contoh kasusnya.

“Jadi di sana, kami juga meninjau langsung lokasi project yang kami tengah kerjakan,” pungkas Kevin.