Berita

Tim Olah Raga Catur ITB Raih Medali di Pekan Olah Raga Mahasiswa 2017

Senin, 13 November 2017- anne rufaidah

BANDUNG, LK – Tim olah raga catur Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil membawa pulang 6 medali Perak dan 1 Perunggu dalam ajang Pekan Olah Raga Nasional Mahasiswa 2017, yang digelar di Universitas Sultan Hasanudin, Makasar, beberapa waktu lalu.

Salah seorang anggota tim, Arifa Rizki Syaputra mengungkapkan, timnya berhasil meraih medali tersebut dalam 3 kategori yakni kategori Catur Cepat, Catur Standar, dan Catur Kilat. Setiap kategori memiliki perbedaan hanya pada waktu pikir saja. Misalkan untuk Catur Cepat selama 25 menit, Catur Standar 1,5 jam, dan Catur Kilat 5 menit.

“Di sini tantangannya bagaimana dengan waktu yang terbatas, kami bisa menyelesaikan permainan dengan menang dan poin yang banyak. Intinya, kami mengumpulkan poin terbanyak dari setiap permainannya,” ujar pemuda berusia 18 tahun ini.

Tim yang beranggotakan Arifa Rikzi Syaputra, Aditya Ghifari, dan Catherine Almira berhasil bersaing dengan ratusan peserta lainnya, yang merupakan perwakilan dari 22 provinsi. Arifa menyebutkan, angggota tim dari ITB juga digabungkan dengan peserta dari perguruan tinggi lainnya dalam satu tim.

Meski catur bukan olahraga yang menguras energi secara fisik, namun bagi Arifa, permainan catur memiliki tantangannya tersendiri. Seorang pemain catur harus mampu melihat berbagai kemungkinan dalam mengatur strategi, saat melangkahkan pionnya. Untuk itu diperlukan kemampuan menganalisasi strategi yang tinggi.

Pemuda yang sejak sekolah dasar sudah mengikuti berbagai kompetisi catur ini pun menyebutkan, ada pelajaran yang sangat berarti saat ia menekuni catur. Bahwasannya, setiap langkah kecil akan sangat berdampak pada sebuah perubahan.

“Selain itu, di olah raga catur kita bisa menganalisis, berstrategi, dan berkreasi dengan berbagai kemungkinan, saya pun merasakan bahwa dengan bermain catur, saya belajar satu hal penting lainnya. Yakni perbuatan baik sekecil apapun, pasti akan berdampak ke depannya,” tandas mahasiswa Sekolah Bisnis dan Management tersebut.