Berita

Tim Rakata ITB, Kembangkan Mobil Berbahan Bakar Ethanol dan Gasoline Pada KMHE 2017

Rabu, 15 November 2017- anne rufaidah

BANDUNG, LK – Tim Rakata dari Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih Juara 2 dan Juara 3 untuk kategori Prototipe Motor Penggerak Dalam, pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017, yang digelar 8 November 2017 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. 

Kepala Divisi Power and Transmission Tim Rakata, Granto Natama Putra menuturkan, ada dua mobil yang dikompetisikan yakni Rakata V6 Etanol dan Rakata V5 Gasoline. Meski juara pada kategori yang sama, akan tetapi keduanya memiliki bahan bakar dan mesin yang berbeda. 

 “Teknis kompetisinya, satu mobil disediakan waktu maksimal 30 menit untuk 8 kali putaran lap yang jaraknya 11,6 km. Untuk yang etanol hanya menghabiskan bahan bakar sebanyak 21, 6 ml, dengan rata-rata kecepatan berkisar di 25-30 km/jam. Saat itu butuh waktu sekitar 26 menit untuk putaran tersebut. Begitu pun dengan mobil berbahan bakar gasoline, teknis lombanya sama hanya nilai akhir pada perhitungannya yang beda,  tidak ada faktor koreksi. Itu saja,” papar pria berkacama ini. 

Tak hanya itu, secara desain bentuk kedua mobilnya pun lebih aerodinamis dan hal ini mampu mengurangi gesekan dengan udara yang berlebih, sehingga energi yang dikeluarkan oleh mobil lebih sedikit. Komponen yang dipakai mobil pun dipilih seringan mungkin, sehingga mampu mendongkrak nilai energi yang hemat, Bahan body seperti rangka dalam terbuat dari cromoli, sejenis baja ringan. Sedangkan untuk body luarnya dari cavelar sejenis fiber

Sementara itu, manager Tim Rakata Reza Maulid Ghiffary menyebutkan, awalnya tim ini hanya fokus pada pengembangan mobil berbahan bakar etanol saja. Namun seiring waktu, dua tahun belakangan ini timnya pun mengembangkan mobil berbahan gasoline. Di tahun lalu, dalam kompetisi yang sama, mobil gasoline belum berhasil meraih juara, namun di tahun ini mobil berwarna hijau tersebut pun akhirnya bisa mendapatkan juara. 

“Misi tim Rakata sebagai penghasil transportasi hemat energi ini pun didukung oleh berbagai sponsor mulai dari PT Dirgantara Indonesia, Hino Indonesia, Daihatsu, Pertamina Lubricant dan sebagainya. Karena ini tujuannya untuk riset maka tidak heran jika satu mobil ini bisa menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah,” pungkasnya. 

Anggota Tim Rakata dalam KMHE 2017 kali ini diantaranya, Faishal Nanaria Rafie, Tegar Pangestu, M. Ahdal'ula R, Reza Maulid Ghiffary, Rifaa Afia, Granto Natama Putra, Reinaldy Maslim, Ainun Nabilla, Fikri Imam Ramadhan, Hanif Sirajuddin, Ghifari Citraskara, Agustinus Sinaga, Fariz Ichsan Habibi, dan Bagas Ade Senatama.