Berita

Mahasiswa ITB Raih Juara 3 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2017

17 Jul 2017

Muhammad Al Kahfi, Matematika 2014 berhasil menyabet juara tiga  kategori sarjana dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2017 yang diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada 10-13 Juli di Hotel Swiss-Bellinn, Surabaya. "Saya sangat senang, karena ini diluar dugaan saya," ujar Kahfi.

Sebelum mencapai tingkat nasional,  Kahfi melakukan seleksi tingkat prodi, fakultas, ITB, dan kemudian membuat video karya tulis ilmiah dalam bahasa inggris untuk penyisihan tingkat nasional. Kahfi berhasil sampai di tingkat nasional bersama 17 Mahasiswa berprestasi lainnya.

Ada empat test yang diakukan dalam pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2017 tersebut, yaitu test psikologis, wawancara prestasi unggulan, Speech dalam bahasa inggris, dan presentasi karya Ilmiah. Dalam karya tulis ilmiahnya, Kahfi membawa tema Asuransi Syariah. Strategi pengembangan perusahaan asuransi syariah di Indonesia serta model matematika pengalokasian premi pada asuransi jiwa syariah menjadi topik yang ia bahas dalam karya tulisnya.  

"Menurut saya, Saya unggul di bagian prestasi unggulan karena selama tiga tahun terakhir sering mengikuti berbagai lomba," Imbuhnya.

Selama di ITB, Kahfi memang menjuarai beberapa lomba bergengsi di dalam dan luar negeri  diantaranya, merebut gelar Absolute Winner dan medali emas pada Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) Perguruan Tinggi 2015, Juara 1 Lomba Pemecahan Masalah Analisis dan Geometri Mathematical Analysis & Geometry Day (MAG-D) ITB 2016, Juara 1 Calculus Cup Universitas Negeri Jakarta 2016, dan Juara 2 Mathematics ITS Calculus Competition 2016. First Prize di International Mathematics Competition 2015 di Bulgaria dan Juara 3 Calculus World Cup 2016 di Taiwan. Selain itu, Kahfi pun berhasil menyelesaikan 5 dari 8 ujian profesionalisme tingkat Ajun Akturaris Persatuan Aktuaris Indonesia pada 2017.