Berita

Menikmati Pameran Sekaligus Mencari Inspirasi

Kamis, 07 September 2017-

BANDUNG, LK -  Bagi sebagian mahasiswa, mengunjungi sebuah pameran karya seni rupanya bisa mendatangkan inspirasi. Tak terkecuali mahasiswa semester 3 dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB), M. Arif Rahman Hakim.

Pria berusia 20 tahun ini tampak begitu cermat memperhatikan karya-karya yang dibuat oleh seniornya, dalam gelaran 70 Tahun Inovasi dan Kolaborasi, Pameran Retrospektif Karya, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian, Karya Monumental Dosen dan Alumni FSRD ITB 5-10 September 2017 di Aula Barat ITB.

"Saya memang sengaja mendatangi pameran ini, karena dari pameran semacam inilah saya bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan desain dari masa ke masa. Tak hanya itu, keunikan karya seni yang ditampilkan pun membuat saya terinspirasi soal material yang nanti bisa diaplikasi pada karya saya nanti,' ujarnya di sela-sela pameran, kemarin (5/9/17).

Menurutnya, sebagai pekerja seni, eksplorasi karya seni menjadi salah satu hal yang penting. Mendatangi pameran seni serta berinteraksi di dalamnya, adalah gaya ekplorasi yang harus sering dilakukan. Sebagai mahasiswa di awal semester, Arif mengakui dengan mendatangi sebuah pameran semacam ini, pihaknya menjadi lebih paham akan program studi yang dijalaninya saat ini.

Pria yang mendalami prodi Interior ini pun mengaku, dalam menciptakan karya seni, Ia memiliki kecenderungan untuk menghasilkan produk pendukung interior. Misalkan saja membuat produk pencahayaan seperti lampu, atau furnitur semacam kursi, meja, maupun produk pendukung interior lainnya.

"Dari beberapa material di pameran ini, saya cukup terinspirasi furnitur dengan bahan bambu. Menurut saya bambu memiliki tekstur yang unik, mudah dibentuk, dan juga cukup kuat serta tahan lama jika dipakai untuk furnitur," tutup mahasiswa asal Padang Panjang ini. / anne rufaidah