Berita

Prestasi dan Kegiatan Kemahasiswaan ITB

Selasa, 26 September 2017- Nuru Fitry

Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplement adalah surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi, berisi informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar. Kualifikasi lulusan diuraikan dalam bentuk narasi deskriptif yang menyatakan capaian pembelajaran lulusan pada jenjang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang relevan, dalam suatu format standar yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. Untuk mahasiswa, SKPI merupakan dokumen yang sangat bermanfaat dalam menunjukkan:

  1. Kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan dan sikap/moral kepada pengguna di dalam maupun luar negeri (dibandingkan transkrip),
  2. Prestasi dan kompetensi secara obyektif serta
  3. Tingkat kelayakan kerja terlepas dari kekakuan jenis dan jenjang studi.

Dengan demikian, prestasi kemahasiswaan merupakan salah satu substansi pokok pada SKPI. Untuk itu, Lembaga Kemahasiswaan ITB mengembangkan platform online Sistem Informasi (SI) Prestasi. Platform ini memfasilitasi pengumpulan data prestasi dan kegiatan kemahasiswaan dengan kategori:

  • Penghargaan.
  • Workshop/Seminar/Keahlian.
  • Organisasi/Kepanitiaan.

sebagai sumber data untuk SKPI.

Proses data prestasi dan kegiatan kemahasiswaan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa menginput data prestasi dan kegiatan kemahasiswaan ke SI Prestasi yang dapat diakses di website Lembaga Kemahasiswaan ITB (panduan dapat dilihat di sini).
  2. Data prestasi dan kegiatan kemahasiswaan diverifikasi oleh admin program studi/fakultas/sekolah.
  3. Data yang telah diverifikasi digunakan oleh Direktorat Pendidikan ITB sebagai sumber data untuk SKPI.
  4. SKPI dicetak oleh Program Studi, ditandatangani oleh dekan Fakultas/Sekolah masing-masing lalu dibagikan kepada wisudawan saat wisuda.

Selain sebagai sumber data SKPI, data prestasi dan kegiatan kemahasiswaan yang telah terverifikasi pada SI Prestasi juga digunakan untuk:

  • Usulan data dari LK ITB kepada Humas ITB untuk dimasukkan ke buku wisuda ITB setiap periode yang bersesuaian.
  • Pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh Kemenristekdikti Republik Indonesia.

Khusus untuk Wisuda Pertama Tahun Akademik 2017/2018 pada akhir Oktober nanti, seluruh mahasiswa diminta untuk mengisi data prestasi dan kegiatan kemahasiswaan pada SI Prestasi sebelum 5 Oktober 2017. Data yang telah terverifikasi oleh admin program studi/fakultas/sekolah akan diusulkan oleh LK ITB kepada Humas ITB untuk dimasukkan ke buku wisuda Oktober ITB. Segera isi portofolio kemahasiswaan kalian ya!