Berita

ITB Dorong Mahasiswa Tingkatkan Daya Solutif Untuk Bersama

Jumat, 29 September 2017- anne rufaidah

BANDUNG -  Sebanyak 180 mahasiswa dari 37 program studi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, di Desa Cipakem, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kegiatan yang berlangsung sejak 17 Juli sampai 6 Agustus 2017 ini, merupakan bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang selenggarakan selama 3 minggu.

 

Ketua Lembaga Kemahasiswaan, Dr. Eng. Sandro Mihradi mengungkapkan, KKN Tematik ITB 2017 merupakan salah satu wujud implementasi ilmu dan penelitian di kampus ITB. Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu mata kuliah unggulan dan langsung berada di bawah bimbingan Lembaga Kemahasiswaan (LK).

 

“Setelah kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dinamika dan peran masyarakat serta pemerintah, dalam pembangunan daerah. Tidak hanya itu, mahasiswa juga bisa beraktualisasi serta dapat membuat suatu solusi untuk permasalahan yang ada di masyarakat, sehingga peran mahasiswa sebagai kaum intelektual, dapat terealisasi dalam bentuk pengabdian,” ungkapnya. 

 

Tema yang diangkat pada KKN tahun ini adalah KKN-Tematik ITB 2017 sebagai Fondasi dan Simpul Pembelajaran Mahasiswa Agar Memiliki Daya Solutif untuk Bersama. Dalam KKN tersebut, menurutya, ada 4 tema utama yang jadi landasan mahasiswa, yakni infrastruktur, air, eco-agro, dan pendidikan.  

 

Ia menuturkan, untuk tema Infrastruktur, mahasiswa membuat sebuah Sanggar Budaya Ganesha yang multifungsi. Bangunan ini bisa dipergunakan untuk kegiatan pagelaran, perkumpulan warga, penyuluhan, nonton bareng, dan kegiatan lainnya. Sedangkan, untuk tema Air, mahasiswa membuat konstruksi reservoir dan transmisi air. Hal ini dimaksudkan, sebagai wadah untuk tempat menyimpan dan menyalurkan air di musim kemarau, serta bisa juga difungsikan sebagai MCK (Mancdi Cuci Kakus) warga setempat.

 

“Tak hanya itu, mahasiswa yang mengambil tema KKN Eco-Agro membuat Green House sebagai wahana pengembangan para petani kopi, mulai dari budidaya kopi, membangun komunitas tani kopi, dan sebagainya. Selain dari segi  fisik, KKN Tematik ITB 2017 ini pun mengadakan kegiatan yang bersifat non-fisik seperti yang dilakukan oleh peserta tema pendidikan. Beberapa program  pendidikan, diantaranya penyediaan perpuastakaan, pengajaran ITm wawasan profesi, teater, penyuluhan soal sampah, sanitasi, dan siste pengelolaan air, hingga lomba voli antar dusun,” pungkasnya. / Anne Rufaidah