Berita

Peresmian KKN Tematik ITB 2017, Mempersembahkan Tiga Misi Besar ITB

Selasa, 03 Oktober 2017- anne rufaidah

BANDUNG, LK – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ITB 2017 yang dilaksanakan Institut Teknologi Bandung (ITB), di Desa Cipakem, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan, telah usai. KKN tematik yang merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat ini, berlangsung sejak 17 Juli hingga 8 Agustus 2017.

Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi DEA, mengungkapkan, empat tema utama yang dipilih pada KKN Tematik ITB 2017, diantaranya mengenai Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, hingga Eco Agro. Keempat tema tersebut merupakan persembahan dari ITB yang berkaitan dengan tiga misi besar ITB, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat.

“Di Indonesia ada lebih dari 74 ribu desa. Negara akan maju jika semua desanya juga maju. Maka kehadiran KKN Tematik ITB 2017 ini, diharapkan bisa menjadi inspirasi untuk memajukan desa, baik itu desa sebagai entitas terkecil negeri ini, maupun entitas pemerintahannya. Karena saat Desa Cipakem bisa maju, desa lainnya ikut maju, maka Kabupaten Kuningan pun akan semakin maju. Begitu pula dengan daerah lainnya,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan pada acara Peresmian Program  KKN Tematik ITB 2017, di Kabupaten Kuningan, Minggu (1/10/2017).

Ia menambahkan, pihaknya mengapresiasi komitmen masyarakat Desa Cipakem, yang dengan dukungan semua pihak, maka terwujudlah empat tema utama KKN Tematik 2017 kali ini. Keempat tema tersebut, menurutnya, tidak dipilih secara tiba-tiba, melainkan berdasarkan kebutuhan dari desa Cipakem.

Diakuinya, tema Air dipilih lantaran adanya realita bahwa di Indonesia, baru 50 persen penduduknya bisa menikmati air bersih. Dengan kehadiran alat yang dibuat untuk memudahkan pengadaan air bersih, diharapkan menjadi solusi efektif. Kadarsah pun menyebutkan, tema Kesehatan dan Pendidikan juga dipilih karena menjadi poin utama dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) suatu daerah.

“Ketika air, kesehatan, serta pendidikannya meningkat maka secara otomatis masyarakatnya pun akan lebih maju. Apalagi didukung dengan pembangunan infrastruktur yang memadai, Semoga apa yang diberikan mahasiswa ITB pada KKN Tematik 2017 ini bisa bermanfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa Cipakem,” ujarnya.

Acara yang didukung oleh Bank BCA tersebut, dihadiri oleh civitas akademika ITB, para pejabat daerah setempat, seperti camat, kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama, anggota DPRD, Dandim, serta Bupati Kuningan. / Anne Rufaidah