Berita

ITB Raih Juara Umum dalam OSN 2017 di Yogyakarta

Kamis, 12 Oktober 2017- anne rufaidah

BANDUNG, LK – Dalam gelaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) Mahasiswa, yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (Disdikpora) Yogyakarta beberapa waktu lalu, Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih kemenangan gemilang dengan meraih Juara Umum.

Dari 12 mahasiswa perwakilan ITB, ada 7 mahasiswa yang berhasil menjadi juara pada masing-masing bidang. Pada bidang Fisika, ITB berhasil membabat habis juara 1 (Drestanto M. Dyasputro), Juara 2 (Moh. Reza Nurrahman), dan Juara 3 (Prian Jaya). Untuk bidang Matematika, meraih Juara 1 (Laurence Petrus Wijaya) dan Juara 3 (Vanessa Ambar Sutandar). Sedangkan untuk bidang Kimia berhasil menyabet Juara 1 (Muh. Ridho Setiyawan), dan bidang Biologi menjadi Juara 1 (Ekapaksi Wisnumurti).

Atas keberhasilan mahasiswanya tersebut, Ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB, Dr. Eng. Sandro Mihradi mengungkapkan, bahwa hal ini dinilai sangat membanggakan. Pasalnya, dari sekian kali OSN yang diadakan di Yogyakarta, baru kali ini ITB akhirnya bisa meraih Juara Umum. JIka pada kompetisi olimpiade lainnya, ITB sudah biasa menjadi juara Umum.

“Beberapa diantara mereka memang mahasiswa yang sudah terbiasa mengikuti olimpiade seperti ON MIPA (Olimpiade Nasional – MIPA) yang diadakan oleh Kemenristek DIkti. Namun ada juga dari mereka yang mahasiswa baru ITB. Ini bukti bahwa mahasiswa kita yang masuk ke ITB memang sudah memiliki potensi yang sangat baik,” tuturnya.

Ia menambahkan, potensi yang sangat baik ini tidak cukup jika tidak diasah secara maksimal. Untuk itu pihaknya senantiasa mendorong, agar mahasiswa perlu diasah dan dilatih sehingga kemampuan akademis dan non akademisnya tetap teruji. Pihaknya berharap, dengan beragam kompetisi dan kegiatan yang diikuti, bisa menunjang kesuksesan studi mahasiswa di kampus.

“Sehingga nantinya akan dihasilkan mahasiswa yang berprestasi terbaik, dan berkarater unggul,” tandasnya. / Anne Rufaidah