Kamu mempunyai UKM yang baru?  Ajukan UKM kamu disini
English Language Indonsian Language

Ilham Subandoro, Raih Juara 3 pada Ajang Pilmapres Tahun 2021

Jumat, 10 September 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Mahasiswa Berprestasi tingkat ITB 2021, Ilham Subandoro berhasil menyabet Juara 3 pada ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Nasional Tahun 2021. Acara yang digelar secara daring pada 7-9 September 2021 tersebut, semakin mengukuhkan posisi Ilham sebagai salah satu mahasiswa yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik di Indonesia. 

“Mengikuti  ajang Pilmapres, membuka pandangan saya terhadap hal yang lebih luas lagi, yaitu dapat melihat teman-teman lainnya yang merupakan mahasiswa berprestasi di institusinya masing-masing. Melihat kemampuan dan pengalaman mereka, membuat saya semakin semangat untuk terus berprestasi,” ujar mahasiswa program studi Manajemen, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB tersebut. 

Ia menuturkan, ketika mengikuti ajang Mahasiswa Berprestasi tingkat ITB, tantangan yang ia hadapi seputarhal-hal teknis, seperti kekuatan sinyal karena kegiatan berlangsung daring, hingga ketersediaan fasilitas. Hal berbeda dirasakan Ilham saat ia mulai mengikuti rangkaian tes pada Pilmapres tingkat Nasional. Menurutnya, tantangan terbesar adalah menjalani proses dan penilaiannya yang lebih beragam. Belum lagi banyaknya tugas yang harus dikerjakan selama karantina, membuatnya harus bekerja keras agar bisa mengatur waktu dengan baik. Jika tidak, makai a bisa mendapatkan kesulitan dan bahkan ketertinggalan diantara peserta lainnya.

Beragam persiapan pun dilakukan dalam menghadapi Pilmapres tahun ini. Persiapan yang matang, kata Ilham, bisa menambah potensi capaian prestasi. Salah satunya adalah dengan  mengikuti berbagai kompetisi, dan aktif pada kegiatan untuk menambah portofolio. Tak hanya itu, Ilham pun terus memperbaiki karya tulis ilmiah yang ia buat. Bahkan, ia pun aktif berkonsultasi dengan dosen pembimbing, serta berlatih public speaking. 

Diakuinya, ketakutan Ilham saat itu adalah saat menjalani sesi Diskusi Bahasa Inggris. Ia merasa  khawatir karena akan berdiskusi dengan mahasiswa lain yang sebelumnya belum kenal dan akrab. Terlebih saat itu topik diskusinya pun cukup sulit, karena tidak ada jawaban benar dan salah, sehingga cukup membingungkan bagi Ilham. Namun, ia enggan menyerah, dan sebelum hari H-nya, Ilham pun berlatih keras memperlajari soal soal yang mirip dengan case, bersama dosen pembimbingnya. 

“Menjadi mahasiswa berprestasi tentu membuat saya senang, tidak menyangka, dan juga bangga. Akan tetapi seiring dengan hal itu, label mahasiswa berprestasi juga menjadi Amanah yang besar bagi saya untuk terus berkarya dan berdampak pada masyarakat. Saya menyakini bahwa usia bukan penghalang bagi seseorang untuk berkarya, berinovasi, dan berprestasi. Saya harap, teman-teman juga terus berjuang dan berusaha mencapai hal-hal itu,” pungkasnya. 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung