Kamu mempunyai UKM yang baru?  Ajukan UKM kamu disini
English Language Indonsian Language

Raih Juara di Bidang Studi Kasus Manajemen Pemasaran, Mahasiswa ITB Bikin Strategi Ekspansi Pasar yang Lebih Luas

Senin, 11 Oktober 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, DItmawa ITB – Tiga mahasiswa ITB yakni Angela Thrisananda Kusuma (program studi Kewirausahaan), Ilham Subandoro (program studi Manajemen), dan Salma Yasyifa (program studi Sains dan Teknologi Farmasi) berhasil meraih posisi First Runner Up di Eksibisi Internasional bidang Studi Kasus Manajemen Pemasaran, pada Kompetisi Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) 2021 yang diadakan secara daring pada September lalu. 

Meski berasal dari 3 program studi yang berbeda-beda, namun tim tersebut berhasil menorehkan prestasi dengan saling berkolaborasi. Pada lomba tersebut, timnya ditantang agar bagaimana brand Wardah dapat melakukan strategi yang terbaik untuk melakukan ekspansi pasar ke salah satu negara di Asia Pasifik. Untuk itu, timnya harus melakukan banyak analisa pasar. 

“Yang paling awal dilakukan adalah menganalisa negara mana yang tepat untuk dipilih. Dari berbagai hasil analisa terhadap negara-negara yang potensial, akhirnya kami memilih negara India sebagai salah satu negara terbaik untuk jadi pilihan ekspansi Wardah. Baru kemudian kami menganalisa customer insights yang ada di India apa saja, untuk kemudian kami menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk masuk ke sana,” terang salah seorang anggota tim, Angela. 

Tak hanya itu, timnya juga  membuat berbagai mock up dari marketing plan yang direncanakan. Sehingga ini proses business case ini benar-benar end to end process, dan berkaitan dengan pasar dari strategi ekspansi Wardah ke India. Untuk menghasilkan strategi yang komprehensif, timnya menambahkan strategi marketing yang bisa digunakan untuk scaling up brand , bukan hanya untuk masuk ke pasarnya saja. 

Dalam melakukan persiapan, Angela dan timnya mengerjakan semua kebutuhan kompetisi ini selama kurang lebih 3 bulan. Hal itu dimulai dari penyusunan proposal dan pembuatan video sebagai syarat di babak penyisihan, hingga pembuatan deck dan persiapan presentasi di tahap final. Diakuinya, saat melakukan persiapan timnya tidak terkendala teknis. Hanya saja, tim perlu menyiapkan peralatan yang menunjang untuk digunakan dengan dual device saat lomba. Hal ini disebabkan, peserta lomba harus menunjukkan kameranya dari tampak depan dan juga belakang sebagai bentuk transparansi dan menghindari kecurangan saat perlombaan berlangsung. Ada technical test sebelum hari H, sehingga segala kemungkinan kendala sudah di mitigasi lebih awal.

Jika dilihat dari penilaian juri, menurutnya poin penilaian dilihat dari solusi yang ditawarkan peserta, apakah sesuai dengan prinsip marketing tanpa merubah value dari Wardah itu sendiri. Kemudian, ada pula penilaian marketing plan yang terstruktur yang didasari oleh analisis yang komprehensif, disertai visualisasi yang menarik dan tergambarkan dengan jelas dengan didukung oleh fakta dan data yang akurat. Selain itu, komunikasi dalam presentasi, baik secara verbal maupun yang ditampilkan dalam deck juga menjadi penilaian yang penting.

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung