Kamu mempunyai UKM yang baru?  Ajukan UKM kamu disini
English Language Indonsian Language

Ikut Kompetisi Lantaran Ingin Menguji Pemahaman Diri

Jumat, 15 Oktober 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Mahasiswa Fisika Angkatan Tahun 2020, Aulia Anshari Rahman berhasil meraih Medali Perunggu di ajang Kompetisi Nasional Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) Tahun 2021 yang diadakan beberapa waktu lalu. 

“Ini pertama kalinya saya mengikuti KNMIPA. Motivasi awal saya mengikuti KNMIPA ini adalah uji coba, mencari tahu bagaimana tipe-tipe soal olimpiade mahasiswa sekaligus mengenal apa saja materi yang diujikan,” ucapnya. 

Motivasi ini cukup besar karena Aulia sendiri dahulu tidak sempat mendaftar Kompetisi Sobat Bumi yang diadakan oleh Pertamina, padahal saat itu semua teman-teman satu angkatannya mengikuti kompetisi tersebut. Dilihat dari sisi persiapan Aulia dalam mengikuti KNMIPA pun terbilang berbeda dengan teman-teman lainnya. Persiapan yang dilakukannya pun sangat sederhana, dengan membaca buku dan mengulang materi yang pernah dipelajarinya. 

“Mengingat bahwa motivasi saya cukup berbeda dengan teman-teman lainnya—termasuk sesama FMIPA angkatan 2020, terdapat perbedaan cukup besar pula di antara saya dengan mereka dari segi persiapan, target, dsb. Persiapan saya cukup sederhana: membaca buku-buku yang kabarnya menjadi referensi andalan di sejumlah mata kuliah Program Studi Fisika ITB dan mengulang-ulang materi Fisika Dasar. Selain itu, berdasarkan motivasi saya sebelumnya, target saya sebatas mengetahui soal-soal KNMIPA saja,” terang Aulia. 

Meski mengaku bahwa KNMIPA merupakan kompetisi pertamanya selama ia menyandang status mahasiswa, namun ia pun pernah mengikuti beberapa lomba. Semasa SMA, ia pun rajin mengikuti lomba yang berkaitan dengan bidang Fisika, dan bahkan mengikuti rangkaian Olimpiade Fisika hingga tingkat Provinsi. 

Disinggung mengenai alasan ia mengikuti kompetisi, Aulia pun menyebutkan bahwa kompetisi semacam KNMIPA sangat penting diikuti karena bisa menguji pemahaman mahasiswa. Terlebih, menurutnya mengikuti kompetisi KNMIPA tidak akan menggangu akademik karena masih sejalan dengan lingkup materi perkuliahannya. 

“Kompetisi semacam ini menguji pemahaman mahasiswa sekaligus kemampuan mahasiswa dalam menganalisis dan mengelaborasi konsep Fisika,” pungkasnya. 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung