English Language Indonsian Language

Bikin Mobil Hemat Energi, Tim Rakata ITB Raih Juara 2 KMHE 2021

Jumat, 26 November 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa – Tim mahasiswa ITB, Rakata, berhasil menyabet Juara 2 Kelas Prototipe Kategori Mobil Pembakaran dalam Bahan Bakar Etanol, dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021. Acara yang digelar secara offline ini berlangsung di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Jumat (19/11/2021). 

Pada kompetisi tersebut, tim Rakata membuat kendaraan prototipe berbahan bakar Etanol. Team Manager Rakata ITB, Raymond Angsetya menuturkan, bahwa mobil berbahan bakar Ethanol merupakan mobil dengan motor bakar bensin biasa yang dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan timnya, bertujuan untuk menyesuaikan dengan karakteristik dari bahan bakar etanol. Modifikasi yang dilakukan dapat berupa peningkatan rasio kompresi serta waktu penyalaan.

“Kompetisi ini merupakan kontes, dimana mobil-mobil hemat energi karya mahasiswa dilombakan dan pemenangnya adalah yang paling hemat untuk jarak yang telah ditentukan,” ucap Raymond. 

Menurutnya, pengembangan mobil berbahan bakal Ethanol sudah dilakukan oleh timnya sepanjang tahun. Dimulai sejak kepengurusan tim Rakata tahun-tahun sebelunya, hingga tahun ini.. Timnya juga melakukan persiapan untuk lomba sejak bulan Juni, namun karena kondisi pandemi Covid-19, dan beberapa anggota tim terpapar virus corona,  maka persiapan tim untuk mengadapi KMHE 2021 pun sempat tertunda. 

Dalam kompetisi tersebut, ia menyebutkan bahawa salah satu kriteria penilaian juri adalah kendaraan memiliki capaian pemakaian bahan bakar dengan satuan kilometer per liter yang tinggi. Selain itu, kendaraan yang dikompetisikan harus mampu melewati garis finish dalam waktu yang telah ditentukan. 

KMHE secara rutin digelar oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Tahun 2021, tuan rumah penyelenggara KMHE adalah Universitas Negeri Surabaya. 
 

 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung