English Language Indonsian Language

Tim Aurora ITB Raih Juara 1 Datathon Kecerdasan Artificial 2021

Senin, 13 Desember 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB -  Tim Aurora yang beranggotakan mahasiswa dari program studi Teknik Informatika berhasil menyabet Juara 1 dalam kompetisi Artificial Intelligence Innovation Summit (AIIS) 2021, yang diselelnggaran pada September 2021 lalu. Mereka diantaranya, Rio Alexander Audino, Rizky Ramadhana, dan Dimas Shidqi Parikesit. 

“Awalnya kita mengetahui lomba tersebut dari salah satu postingan di instagram. Saat itu agak jarang ada lomba bertipe data science dan kita juga sedang semangat untuk mengikuti lomba. Kita sempat ragu untuk ikut lomba tersebut karena di saat yang bersamaan, kita bertiga sedang mengikuti ospek jurusan. Namun pada akhirnya, karena niat yang kuat dan semangat, kita memutuskan untuk mengikuti lomba tersebut,” ujar salah seorang anggota tim, Rio. 

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan kompetisi data science yang diselenggarakan oleh BPPT Indonesia dan Telkom University sebagai host-nya. Lomba ini merupakan serangkaian kegiatan dalam AI Inovation Summit 2021 (AIIS). Pelaksanaan kompetisi dilakukan sejak bulan September hingga Oktober. Pada kompetisi tersebut, timnya membuat sebuah model atau sistem yang memprediksi situasi  pandemi yang ada di Indonesia.

Meski berhasil meraih Juara 1, namun diakui Rio, timnya sempat mengalami beberapa kendala selama mengikuti kompetisi. Salah satunya adalah timnya hanya diberikan sebuah tema besar dan peserta bebas menentukan sub-tema yang akan diamati. Selain itu, data-data yang ada di Indonesia sangat sulit dicari dan tak jarang data yang ditemukan tidak terpusat. Tak hanya itu, sering kali juga program yang dibuat oleh timnya memiliki bug sehingga tidak dapat mencipatkan predictive modelling yang baik.

“Menurut kami setiap tim memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tiap tim berhasil melihat problem dari prespektif yang berbeda,” pungkasnya. 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung