English Language Indonsian Language

Mahasiswa ITB Raih Juara 2 UPCHANCE 2021

Jumat, 17 Desember 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Tiga mahasiswa ITB program studi Teknik Mesin berhasil meraih juara 2 kompetisi penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) UPCHANCE 2021, yang digelar pada 7 November 2021 lalu. Mereka diantaranya Farhan Umarnadi Pulukadang, Samoa Isa Farrell, dan Pradantya Wahyu Wibisana. 

Salah seorang anggota tim, Farhan mengungkapkan, tema kompetisi tahun ini adalah climate change awareness atau kesadaran mengenai perubahan iklim. Terdapat dua kategori terpisah yaitu kategori mahasiswa dan pelajar SMA atau sederajat. Masa pendaftaran dan juga pengumpulan abstrak karya berlangsung pada tanggal 1 sampai 16 September, dan kelolosan abstrak diumumkan pada 30 September. Pengerjaan karya tulis ilmiah dilakukan dari tanggal 1 hingga 15 Oktober. Setelah pengumuman kelolosan karya, pelaksanaan presentasi dilakukan 31 Oktober dan pengumuman juara pada 7 November.

Pada karya tulis tersebut, timnya mengangkat isu soal penerapan sistem SWAC (Sea Water Air Conditioning) di Indonesia. Sistem SWAC adalah pemanfaatan sumber air alami seperti laut, danau atau sungai untuk menyediakan pendinginan di suatu pemukiman, seperti kota. Menurutnya, sistem ini dapat mengurangi emisi dengan jumlah besar karena memanfaatkan pendinginan dari sumber air alami dan dilakukan secara kolektif dalam skala besar, tidak seperti pendinginan konvensional. 

“Sistem ini sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia karena potensinya yang begitu luas, dengan keberadaan laut yang luas dan banyaknya kota di pesisir Indonesia. Walau begitu, banyak masyarakat Indonesia yang belum sadar atas hal ini, maka dari itu kami mengangkat topik ini agar masyarakat Indonesia dan pemerintah dapat lebih tercerdaskan mengenai teknologi pendinginan ini,” terang Farhan. 

Dalam penilaian karya tulisnya, terdapat dua poin besar yang sangat berpengaruh yakni perihal presentasi maupun isi dari gagasan karya tulis. Menyadari besarnya poin presentasi, timnya  menitikberatkan penguasaan materi dan juga daya tarik presentasi. Ke depan, timnya juga berencana mengikuti kompetisi serupa dan menargetkan untuk ikut kompetisi internasional. 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung