English Language Indonsian Language

ITB Raih Peringkat Terbaik 1 Liga 2 dengan Predikat Unggul Pada Simkatmawa 2021

Kamis, 23 Desember 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB - Dalam Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) tahun 2021, ITB berhasil meraih Peringkat Terbaik 1 untuk Kategori Liga 2 dengan Predikat Unggul (Perguruan Tinggi dengan jumlah mahasiswa 5000 – 18.000) secara Nasional. Selain itu, hal ini pun menempatkan ITB pada Peringkat 3 Tingkat Nasional pada SImkatmawa yang digelar oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Pada Simkatmawa tahun 2021 dilakukan beberapa penyesuaian terutama terkait dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tetap menilai kinerja program bidang kemahasiswaan yang telah berjalan yaitu kesiapan kelembagaan maupun prestasi mahasiswa dalam kegiatan lomba dan non lomba tahun 2020.

Dikutip dari buku Panduan Simkatmawa 2021, kegiatan kemahasiswaan (ko dan ekstra kurikuler), saat ini memiliki posisi penting. Kegiatan ini dilakukan untuk menanamkan soft skills yang makin dipandang penting untuk dibekalkan kepada mahasiswa untuk memenuhi tuntutan dunia kerja. Pasalnya, dunia kerja dunia industri saat ini dalam merekrut tenaga kerja memberikan bobot tinggi pada soft skills ini. Terutama pada people skill, problem solving, communication skills, teamwork and collaboration skill, creativity, integrity dan soft skills lainnya. Secara singkat kegiatan kemahasiswan merupakan kegiatan pembelajaran yang mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan, secara luas, turut menyiapkan manusia utuh yang memiliki penguasaan IPTEK yang mumpuni, karakter luhur, cinta tanah air dan memiliki wawasan global serta menguasai keterampilan abad 21.

Kegiatan kemahasiswaan pun diharapkan memberikan kontribusi pada pencapaian kompetensi yang termuat dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang ditujukan untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif. KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional.

ITB Dukung Kegiatan Kemahasiswaan

Sementara itu, Direktur Direktorat Kemahasiswaan ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama M. Sn menuturkan, sebagai bentuk dukungan serta penghargaan pada mahasiswa yang aktif berorganisasi baik internal maupun eksternal, ITB menjadikan kegiatan kemahasiswa bagian dari Satuan Kredit Semester (SKS) mahasiswa.

Ia menyebutkan, ITB mendukung kegiatan kemahasiswaan ini untuk merekognisi dalam bentuk pemberian SKS mata kuliah. Nantinya, mahasiswa yang memang aktif berkegiatan di organisasi kemahasiswaan bisa diekuevalensikan kegiatannya tersebut menjadi SKS. Hal ini bertujuan untuk menggali kemampuan dan tantangan mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa, baik dalam bidang kreativitas, kepribadian, mengembangkan kemandirian, serta keinginan untuk belajar di luar kelas.

“Dengan mengikuti kegiatan di luar kelas, artinya mahasiswa mencari dan bisa menemukan pengetahuan di masyarakat secara nyata. Hal ini sejalan dengan visi dan misi ITB, menjadikan mahasiswa dan lulusan ITB tidak hanya memiliki kecerdasan akademik, tapi juga cerdas emosionalnya, kreatif dalam menemukan solusi, mampu memecahkan persoalan yang komples, berpikir kritis, dan lain sebagainya,” terang Praseyto.

Pada Simkatmawa tahun 2021 dilakukan beberapa penyesuaian terutama terkait dengan program MBKM. Prasetyo mengemukakan, tujuan dari MBKM yakni memberikan tantangan sekaligus kesempatan bagi mahassiwa, sebagai bentuk kreativitas, peningkatan kapasitas kemampuan, hingga membentuk kepribadian. Program ini pun diyakini mampu mengembangkan softskill dan pasiion mahasiswa, guna menjadi pribadi yang mandiri dan adaptif dalam memecahkan persoalan yang kompleks.

Beberapa kegiatan yang bisa masuk dalam MBKM diantaranya pertukaran pelajar, magang praktik kerja, project-project kemanusiaan, kewirausahaan, project independen, hingga membangun desa seperti program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Prasetyo menyebutkan, banyak kegiatan serupa sudah dilakukan mahasiswa dalam rentang waktu 2019-2020, maka bisa direkognisi dalam konteks MBKM, dan kegiatan tersebut akan mendapatkan reward kegiatan kemahasiswaan dalam bentuk SKS mata kuliah tertentu.

 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung