English Language Indonsian Language

Bikin Pembangkit Listrik Tenaga Surya Portabel, Mahasiswa ITB Juara 1 Marine Paper Competition

Senin, 27 Desember 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Tim mahasiswa ITB berhasil menyabet Juara 1 Marine Paper Competition  (Mapation) 2021 yang diadakan pada November lalu. Mapation merupakan salah satu sub event perlombaan yang diadakan oleh Marine Icon 2021. Kompetisi ini merupakan perlombaan karya tulis ilmiah tingkat nasional yang menuntut mahasiswa untuk menuangkan ide kreatif dan inovatifnya ke dalam suatu karya tulis ilmiah. Hal ini  untuk membantu mewujudkan SDGs 2030 di Indonesia. 

Pada kesempatan tersebut, tim yang terdiri dari M. Miqdad Nadra, Dicky Dwi Putra, Ramadani Putri, Abdurrauf Irsal, dan M. Alif Mi'raj Jabbar, membuat inovasi yang dinamai Solar Power Plant with Internet of Things System atau disingkat SPITS. Inovasi tersebut adalah suatu pembangkit listrik tenaga surya portabel yang bisa dijadikan sebagai energi alternatif ketika terjadi gempa dan tsunami. Selain itu, membuka peluang adanya listrik bisa masuk ke daerah 3T (Terluar, Terpencil, Terjauh) yang masih minim distribusi aliran listrik.

“Pembangkit listrik ini dilengkapi Sistem Manajemen Energi sebagai Alternatif Energi ketika Terjadi Gempa dan Tsunami. SPITS bersifat portabel dan mudah untuk dipasang sehingga cocok sebagai sumber listrik pada daerah terpencil. Selain itu pembangkit ini pun ramah lingkungan, murah, ringan, dan output-nya tegangan AC dan DC, sehingga lebih baik dibanding LSHE (Lampu Tenaga Surya Hemat Energi) dan genset,” terang salah seorang anggota tim, M. Miqdad Nadra. 

Ada beberapa tahap penjurian, diantaranya mulai dari tahapan abstrak, kemudian tahapan full paper terakhir penjurian tahapan final. Untuk penjurian tahapan final terdiri atas penjurian full paper, poster, dan juga presentasi akhir. 

Meski sukses meraih Juara 1, namun diakui Miqdad, bahwa semua tim tentunya memiliki keunggulan dan keterbaruan ide dan kreatifitas masing-masing. Pada kompetisi ini timnya tidak mengetahui bagaimana detail karya yang dibuat oleh masing-masing tim, karena teknis dari presentasinya pun tidak memungkinkan untuk setiap tim mengetahui detail karya dari tim lainnya. Tim yang mengikuti kompetisi ini lebih kurang 50 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, perguruan tinggi yang ikut berpatisipasi di kompetisi ini diantaranya : ITB, UI, UGM, ITS, Universitas Telkom, UNDIP, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanudin, dan perguruan tinggi lainnya
 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung