English Language Indonsian Language

Mahasiswa ITB Juara 1 Lomba Poster Tema Lawan Hoax Soal Kesehatan

Selasa, 28 Desember 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB -  Dua mahasiswa ITB, Nadya Shalsabila Salman (Teknik Bioenergi dan Kemurgi) dan Ahmad Shodiq Multazim (Teknik Sipil) berhasil meraih Juara 1 dalam kompetisi poster Keepin It Real, yang diadakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung pada 12 Desember 2021 lalu. Pada kesempatan tersebut, keduanya membuat poster bertemakan “Medical Hoax News vs Medical Real News".

“Saya dan teman saya juga seringkali mencoba berbagai lomba desain poster yang di selenggarakan kampus-kampus atau organisasi lain yang kami ketahui infonya dari unggahan di instagram akun-akun lomba,” ucap Nadya. 

Poster yang mereka buat menceritakan 2 orang yang sedang saling mempertanyakan hoax atau fakta seputar kebiasaan Mandi Malam. Selain itu, pada poster tersebut pun diberikan pula tips bagaimana cara menjaga kesehatan dengan melawan informasi hoax. Dalam pembuatan posternya, Nadya mengaku bahwa ia dan rekannya membutuhkan studi literatur terlebih dahulu selama kurang lebih dua hari. 

Adapun kriteria penilaian dari lomba tersebut, kata Nadya, dilihat dari sisi orisinalitas ide, konten yang sesuai, baik dari segi tema, ketajaman analisis, hingga pesan yang disampaitkan. Selain itu, tentu konsep desain dan visualisasi poster pun menjadi poin yang sangat diperhitungkan oleh juri. 

“Kami sering mengikuti lomba-lomba poster lain sebelumnya. Seringkali lomba yang kami ikuti tidak meraih juara. Jika dievaluasi dari lomba-lomba yang pernah kami ikuti, materi dan desain merupakan faktor penting dalam lomba poster. Seringkali desainnya sudah baik, namun materinya masih terlalu sulit untuk dimengerti, ataupun jika materi sudah baik namun dalam visualisasi desainnya kurang tepat,” pungkas Nadya. 
 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung