English Language Indonsian Language

Mengenal ITB Lebih Dekat Melalui Open House Virtual

Selasa, 18 Januari 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Kondisi pandemi Covid-19 memang menjadi tantangan agar tetap bisa menggelar kegiatan namun dengan cara yang berbeda. Pelaksanaan acara pun kerap dilakukan secara virtual, termasuk kegiatan pengenalan perguruan tinggi pada calon mahasiswanya. Hal tersebut pun dilakukan oleh ITB melalui acara Virtual Open House ITB yang berlangsung pada 7-9 Januari 2022. Platformf virtual tersebut dikelola oleh ITB Career Center berkoordinasi dengan Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB.

Kepala Sub Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan yang menanguni ITB Career Center, Sonny Rustiadi S.E., MBA., Ph.D CBAP menuturkan, kegiatan Virtual Open House ITB merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh ITB guna menyapa calon mahasiswa Sarjana. Di dalam platform virtual tersebut, terdapat informasi seluruh program studi yang ada di ITB. Selain itu, terdapat konten-konten, live event, maupun live interaction yang bisa dilakukan antara institusi dan calon mahasiswa. 

“Ada sajian yang berbeda dengan open house kali ini. Meski sudah sejak tahun 2021 ITB menggelar open house secara virtual, namun di tahun 2022 kali ini open house menampilkan informasi dan interactive secara langsung dengan ITB multikampus, diantaranya kampus ITB Jatinangor dan ITB Cirebon,” ucap Sonny. 

 

Ia mengungkapkan, bahwa layanan virtual fair yang digunakan pada penyelenggaraan open house ini merupakan salah satu platform yang pertama diluncurkan, dimiliki sendiri, dan juga dikelola oleh ITB. Sejak pembuatan pertama platform virtual ini di tahun 2020, kata Sonny, terdapat banyak pengembangan. Salah satunya, jika sebelumnya interaksi antara pengunjung platfom dengan institusi bisa dilakukan secara bergiliran, antara satu program studi/fakultas/sekolah, namun di tahun ini interaksi semacam ini bisa berlangsung secara bersamaan. 

Selain itu, katalog informasi yang disediakan pun sudah versi elektronik seperti buku digital. Pengunjung platform open house ini pun difasilitasi virtual tour kampus ITB Jatinangor dan kampus ITB Ganesha. Pengunjung pun bisa mengakses platform tersebut dengan ringan, pada PC atau laptop saja, tetapi juga smartphone juga. Kemudahan ini menjadi salah satu kelebihan dari platform yang menyediakan virtual tour tersebut. 

“Platform virtual fair ini menjadi salah satu infrastruktur miliki ITB, seperti halnya sarana prasarana yang ada di ITB. Ke depannya, platform ini tetap akan terus dikembangkan dan bisa membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat nasional maupun internasiional yang ingin tahu dan mengenal ITB lebih lengkap lagi,” pungkas Sonny. 

 


 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung