English Language Indonsian Language

Pertemuan Pertama; Pengantar Studium Generale KU 4078 Tahun Akademik 2021/2022

Rabu, 19 Januari 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Studium Generale merupakan mata kuliah rutin yang bisa diambil oleh mahasiswa ITB Non TPB. Pada pelaksanaannya, mata kuliah ini terbuka bagi mahasiswa yang ingin mencari inspirasi dari pengalaman, pemikiran, dan gagasan dari para tokoh di Indonesia.

Koordinator Mata Kuliah Studium Generale (SG) KU 4078, Dr. Epin Saepudin M.Pd mengungkapkan penyelenggarakan kuliah ini diharapkan bisa membuka wawasan dan membangkitkan semangat kebangsaan mahasiswa ITB agar dapat berpikir tentang bangsa dan negara, serta menempatkan diri sebagai bagian dari solusi atas tantangan dan kompleksitas persoalan yang dihadapi bangsanya.

“Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang lain dari yang biasa Saudara terima. Di dalam kuliah ini, Saudara akan diberi wawasan umum mengenai kebangsaan, ekonomi, manajemen, dan bisnis, state of the art of technology and science, kebudayaan, kemanusiaan (humanity) dan trend global yang sedang mengubah dunia,” kata Epin saat memberikan pengarahan teknis perihal mata kuliah SG KU 4078, Rabu (19/1/2022).

Perkuliahan ini akan menggunakan format kuliah umum/seminar untuk setiap pertemuannya. Pihaknya telah menyiapkan beberapa nama pembicara dan tema diskusi untuk kurang lebih 14 pekan perkuliahan KU4078. Format dari perkuliahan ini dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 09-00 hingga 10:45 WIB, melalui platform Zoom Meeting. Apabila terdapat permintaan khusus dari pembicara maka kuliah SG ini pun bisa diubah menjadi hari Sabtu pagi.

Adapun setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah SG berkewajiban untuk mengerjakan tugas membuat Resume setiap jam kuliah selesai. Kemudian di akhir semester, mahasiswa membuat makalah perihal gagasan maupun masukan terhadap materi yang disampaikan oleh pembicara.

Sementara itu, DIrektur Direktorat Kemahasiswaan Dr. G. Prasetyo Adhitama M.Sn menuturkan, ITB memiliki perjalanan panjang lebih dari 100 tahun dalam mengemban misi untuk mendidik generasi muda. Generasi inilah yang kelak akan mewarisi kemajuan dan pembangunan bangsa ini, melalui kesuksesannya dalam berkuliah pada berbagai jenjang di ITB.

“ITB tidak hanya menyelenggarakan kuliah untuk masyarakat saja, tetapi juga baik dosen, maupun mahasiswanya diharapkan juga terlibat dalam berbagai penelitian yang nantinya akan berguna bagi masyarakat di sekitar ITB,” ucapnya.

Pada pertemuan pertama mata kuliah SG ini, tidak hanya diisi dengan berbagai informasi teknis perihal penyelenggaraan perkuliahan saja. Tetapi juga menghadirkan materi soal Desa-Desa BInaan ITB yang dipaparkan oleh Deny Willy J., Ph.D sebagai Sekretaris Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB.

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung