English Language Indonsian Language

KKN ITB 2021-Kelompok 1 : Membangun Sistem Pengairan Air Bersih di Dusun Ciroyom

Jumat, 21 Januari 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Dalam praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN) ITB terbagi dalam beberapa kelompok, salah satunya adalah kelompok 1, yang berlokasi di Dusun Ciroyom, Kecamatan Bojong Gambir, Kabupaten Tasikmalaya mengusung tema Air Bersih. Tema tersebut mencakup beberapa program, diantaranya membuat penampungan air berupa bak sedimentasi,serta sosialisasi perawatan alat-alat pengairan pada warga setempat, 

Menurut Ketua Kelompok 1, Zahra Raudhatul Jannah, air merupakan unsur yang sangat penting untuk kehidupan manusia karena air dibutuhkan untuk berbagai hal seperti minum, mandi, kakus, dan hal berbagai kebutuhan lainnya. Namun, pada Dusun Ciroyom, sering terjadi krisis air bersih, terutama pada musim kemarau. Untuk itu proyek perbaikan dan pembangunan yang dilakukan bertujuan untuk mencegah adanya krisis air di wilayah tersebut. 

“Sistem pembuatan penampungan air ini merupakan upaya untuk menambahkan cadangan air, terutama ketika musim kemarau. Harapannya, masyarakat akan lebih terbantu dalam menyimpan dan memanfaatkan air,” terang mahasiswa program studi Sains dan Teknologi Farmasi tersebut. 

Selain itu, pengadaan air bersih di Dusun Ciroyom menggunakan air irigasi, dimana saat musim dan hujan dan saat persiapan lahan, air dari sumber tersebut menjadi kotor. Untuk itu kelompok ini membuat bak sedimentasi bersekat lieuk, untuk menjernihkan air irigasi tersebut, sehingga air yang ada lebih layak dipakai untuk keperluan warga. 

Tak hanya membuat dan memperbaiki sistem pengairan air bersih, kelompok 1 pun melakukan program sosialisasi pada warga setempat. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai cara pengoperasian, perawatan dan perbaikan infrastruktur yang dibangun (Pompa dan Sistem Penampungan). Dalam program ini, peserta KKN menyampaikan materi secara verbal dan visual. Peserta KKN akan melaksanakan sosialisasi langsung kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu, peserta juga akan mengedukasi masyarakat melalui infografis sebagai media fisik yang dapat digunakan sebagai pedoman. 

“Banyak kesan mendalam dan pelajaran yang bisa kami petik dari tiga minggu menjalankan program-program ini. Seluruh kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat sangat berkesan. Kami tak hanya merealisasikan program, namun kami juga bergotong royong, bermain bersama anak-anak di sana, menaiki mobil pick up, menghadiri undangan pernikahan, melatih dan menyaksikan lomba MSQ dan rebana serta kegiatan lainnya,” ucap Zahra. 
 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung