English Language Indonsian Language

Studium Generale KU 4078: Pengelolaan Sumber Daya Nasional Melalui Pembentukan Komponen Cadangan

Rabu, 27 April 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Komponen Cadangan (Komcad) dibentuk oleh pemerintah guna membantu TNI dalam tugas-tugas negara. Hal ini dipaparkan oleh Direktur Sumber Daya Pertahanan, Ditjen Pothan Kementrian Pertahanan Nasional RI, Fahrid Amran, S.H saat menjadi pembicara dalam Studium Generale KU 4078, Rabu (27/4/2022).

Pada kesempatan tersebut, Fahrid menjelaskan Komcad dibentuk dan dididik menyerupai TNI dan dipersiapkan untuk membantu negara dalam menghadapi ancaman militer, maupun ancaman yang bersifat hybrida (militer dan non militer). Angota Komcad pun berasa dari berbagai kalangan, termasuk salah satunya yakni mahasiswa.

“Keberadaan Komcad tidak hanya ada di Indonesia. Beberapa negara Asia lainnya seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Korea Utara dan negara lainnya pun sudah lebih dulu membentuk Komcad. Indonesia memiliki 445.030 tentara aktif dan Komcad sebanyak 3.010 orang. Indonesia mulai membentuk Komcad pada tahun 2021 lalu,” jelas Fahrid.

Menurutnya, setiap negara memiliki kebijakan dan sistem yang berbeda-beda dalam pembentukan Komcad. Beberapa negara ada yang mewajibkan warganya untuk mengikuti perekrutan Komcad, namun Indonesia sendiri merekrut anggota-anggotanya berdasarkan sifat kesukarelawanan.

Pembentukan Komcad didasari oleh landasan hukum yang jelas, diantaranya Undang-Undang No. 3 tahun 2002 yang menyatakan sistem pertahanan negara Indonesia menganut sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata). Dimana di dalamnya pun disebutkan bahwa pertahanan negara melibatkan warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintahan, dan diselenggarakan secara total, terpadu, tertata, dan berlanjut.

“Ini sebuah penyiapan dini dari pemerintah. Hal ini bukan hanya soal TNI saja tetapi juga pembentukan komponen cadangan dan penyiapan komponen pendukung. Hal itu didasari kesadaran bela negara, terutama saat negara kita menghadapi ancaman militer, non militer, maupun ancaman yang sifatnya hybrida,” ucapnya.

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung