English Language Indonsian Language

KKN ITB 2022, Utamakan Sinergi dan Kolaborasi Antar Mahasiswa dan Masyarakat

Selasa, 17 Mei 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ITB menjadi program tahunan yang rutin dilaksanakan oleh ITB. Pada KKN ITB tahun 2022 kali ini, mahasiswa diajak untuk lebih mumpuni dalam bersinergi dan berkolaborasi dengan masyarakat khususnya saat merancang solusi dari permasalahan yang nanti ditemui di lokasi KKN ITB 2022.

Tahun ini, KKN ITB 2022 dilaksanakan di Kabupaten Cirebon. Menurut Dosen Pengampu Program tersebut, Dr. Epin Saepudin M.Pd, antusiasme mahasiswa dalam mengikuti program KKN tahun 2022 meningkat. Pasalnya dari sisi jumlah peserta, ada sekitar 206 mahasiswa yang mendaftar di tahun ini. Hal ini dipastikan bahwa jumlah tersebut lebih banyak jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya. Program kali ini terbagi menjadi 2 kelompok yakni KKN Tematik ITB dan KKN Kolaborasi. Pada KKN Kolaborasi, mahasiswa ITB akan bersinergi dengan dua perguruan tinggi lainnya seperti Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Prinsipnya, mahasiswa harus paham bahwa program ini bukan seolah keinginan memindahkan belajar daring menjadi luring saja, tetapi juga betul-betul keinginan mahasiswa untuk berkontribusi pada masyarakat secara langsung,” ucap Epin saat acara Day 0 Perkuliahan Pra KKN ITB 2022 yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu lalu (14/5/2022).

Ia menuturkan, penyelenggaraan program KKN ITB 2022 memiliki beberapa tujuan, diantaranya bagaimana mahasiswa belajar mengimplementasikan keilmuan yang dipelajari di kampus untuk diterapkan secara nyata adalam penyelesaian masalah di masyarakat. Selain itu,mahasiswa juga diharapkan mampu mengidentifikasi, menganalisa, merancang solusi hingga menerapkan solusi tersebut bersama masyarakat.

Sementara itum Ketua Pelaksana KKN ITB 2022, Sayyid Halwa mengapresiasi mahasiswa yang rela menghabiskan waktu liburan usai UAS untuk melakukan kegiatan KKN. Baginya, diantara beragam pilihan dalam menghabiskan waktu liburan, mahasiswa ITB rupanya antusias mengikuti program tersebut.  Ia pun mengaku, saat menjadi peserta KKN pihaknya bermimpi agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Di saat teman-teman lainnya diberikan pilihan untuk mengisi liburan dengan jalan-jalan maupun rebahan maupun kegiatan postifi lainnya, mahasiswa ITB banyak yang memilih untuk melakukan kegiatan yang jadi bagian dari pengabdian masyarat. Program KKN ITB yang sudah berlangsung rutin ini menjadi salah satu wadah saya untuk mengabdikan diri pada negeri,” jelas Sayyid.

 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung