English Language Indonsian Language

Duta Kampus ITB (DKI) Tahun 2022, Representatif Profil dan Karakter Mahasiswa

Senin, 20 Juni 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Pembukaan kegiatan Duta Kampus ITB (DKI) Tahun 2022 berlangsung di Hotel House Sangkuriang pada Kamis malam lalu (16/6/2022). Pada kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM) ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring sekaligus menyampaikan materi “Mengenal ITB Lebih Dekat”.

“D masa depan ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa agar selamat di masa depan. Diantaranya kemampuan beradaptasi, pengembangan sumber daya manusia, kemampuan berkolaborasi, komunikasi, berpikir kreatif, kemampuan menyelesaikan masalah, memahami perkembangan digital, dan banyak hal lainnya. Tidak ada satu pun yang membicarakan kepintaran, namun bagi mahasiswa ITB kepintaran adalah syarat yang perlu dipenuhi dan keterampilan tadi adalah syarat cukup yang juga harus dimiliki,” papar Jaka.

Menurutnya, adanya pemilihan DKI merupakan respresentatif profil dan karakter dari mahasiswa ITB. Adapun karakter yang dimaksud, Adaptif, Integritas, dan Rendah Hati (AIR) yang diyakini menjadi potensi pemenuhan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan. Oleh karenanya, ia berharap setiap peserta yang mengikuti ajang DKI bisa menikmati seluruh rangkaian kegiatan dari pembentukan karakter mahasiswa tersebut. Selain itu ia berharap para finalis maupun duta yang terpilih nantinya bisa mengembangkan kemampuan bekerja sama, saling menghargai, menghormati, dan bersaing secara sehat.

Sementara itu, Ketua Pelaksana DKI Tahun 2022, Sonny Rustiadi S.E., MBA., Ph.D, CBAP mengungkapkan, Ditmawa ITB menyelenggarakan kegiatan tersebut untuk menampung semua aktivitas, kreativitas, dan inovasi mahasiswa dalam kegiatan non-kurikulernya. Kegiatan DKI merupakan sebuah wadah untuk mewujudkan bakat, skill, prestasi, dan ketanggapan mahasiswa yang sifatnya positif dan membangun. Program ini merupakan program baru di lingkungan kampus. Program ini didesain untuk mencari mahasiswa/i yang mampu menjadi role model dan figure representatif terhadap profil dan karakter mahasiswa ITB secara umum.

“Program Pemilihan Duta Kampus ITB 2021 berbeda dengan kampus lain. Kami menyelenggarakan program ini bersama Perusahaan atau Instansi mitra industri ITB dengan program peminatan pada bidang tertentu sesuai dengan program kerjasama Perusahaan/Instansi mitra industri ITB yang terjalin,” kata Sonny.

Menurutnya, prestasi dan bakat mahasiswa merupakan aset penting bagi sebuah institusi. Hal tersebut merupakan pemicu adanya daya tarik kampus terhadap terhadap dunia luar khususnya masyarakat. Oleh karena itu, perlu dibentuk duta-duta mahasiswa sebagai wakil atau teladan bagi seluruh mahasiswa.

 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung