English Language Indonsian Language

TSRA 2022, Belajar Menganalisa Multi Kriteria Guna Mengambil Keputusan yang Tepat

Senin, 18 Juli 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Proses pengambilan keputusan adalah hal yang sangat penting terutama dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Tentu dibutuhkan kemampuan menganalisa yang baik untuk menghasilkan keputusan yang tepat. Hal ini disampaikan Dr. Eng. Yosi Agustina Hidayat S.T.,M.T saat menjadi salah satu pemateri sesi workshop lintas disiplin ilmu, Interdiciplinary Design Virtual Course (IDVC) pada rangkaian acara Tanoto Student Research Award (TSRA) 2022, beberapa waktu lalu (26/6/2022). 

“Ketika harus diambil keputusan yang menyelesaikan sebuah masalah, maka kita harus melaui proses pengambilan keputusan. Biasanya masalah yang dihadapi adalah keputusan yang tidak sederhana, kompleks dan melibatkan banyak kriteria. Hal ini tentu menimbulkan juga banyak alternatif penyelesaian,” jelas Yosi. 

Menurutnya, beragamnya alternatif penyelesaian menjadi tantangan tersendiri dalam mengambil keputusan. Bisa jadi dimulai dari efisiensi, mengurangi atau menambah jumlah, memperbaiki management atau bahkan dari sector lainnya. Dalam sesi workshop ini, pihaknya memberikan insight terhadap persoalan-persoalan yang mungkin dihadapi oleh berbagai disiplin ilmu. Misalkan saja Langkah-langkah terstruktur yang objektif sehingga bisa mencapai tujuan.

Secara umum, Yosi menyebutkan ada beberapa tahapan dalam menganalisa sebuah masalah yang mengambil keputusan. Dimulai dengan pendefinisikan masalah sehingga dari hal tersebut bisa dilakukan sebuah diskusi. Hasil dari diskusi dijadikan branch making hingga bisa dilakukan generate konsep alternatif. Setelah itu, konsep tersebut bisa dievaluasi dalam rangka memilih satu dari sekian solusi permasalahan. Jika sudah terpilih, maka konsep tadi bisa didetilkan kemudia diterjematkan dalam spesifikasi teks untuk mencapai detil desainnya. 

“Usai tahapan itu biasanya dilakukan tahapan presentasi konsep awal. Dari situ kita bisa memperoleh masukan dari berbagai pihak. Jika sudah diterima ,maka bisa dilakukan tahapan iterasi desain dan kemudian mulai merambah ke manufaktur dan dilakukan testing,” ujarnya. 
 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung