English Language Indonsian Language

Pengmas ITB ; Membangun Simpul Warga Demi Interaksi Sosial

Rabu, 20 Juli 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Lima mahasiswa ITB yang berasal dari berbagai program studi melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) di Desa Nagrak RT 01 RW 13, Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa ITB membuat pengembangan infrastruktur diantaranya pembangunan lapangan mini soccer, taman baca Sawawa, balai serbaguna, serta revitalisasi lapang badminton. 

“Kami membuat program Simpul Warga (Sarana Interaksi dan Berkumpul Bagi Warga). Kami melihat kondisi eksisting desa yang belum memiliki fasilitas berkumpul bagi warga untuk berdiskusi membahas isu-isu yang terjadi di warga. Hal ini otomatis berdampak pada kurangnya interaksi antara warga yang satu dengan yang lain. Dengan demikian perlu adanya suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan dan hak warga masyarakat untuk berkumpul dan mengemukakan pendapat” jelas salah satu mahasiswa, Salman Farid dari program studi Manajemen Rekayasa. 

Ia menyebutkan, program ini bertujuan untuk menunjang kegiatan-kegiatan rutin masyarakat di wilayah Desa tersebut. Adapun kegiatan yang rutin dilakukan diantaranya kegiatan PKK, rapat/pertemuan warga,kegiatan karang taruna, dan lain-lain. Untuk itu,pihaknya menilai bahwa keberadaan fasilitas ini menjadi penting dan perlu untuk dibangun seperti Balai Serbaguna sebagai pusat kegiatan dan komunikasi antar warga. 

Pihaknya melakukan pendekatan kolaborasi dan gotong royong, serta sosialisasi agar meingkatkan rasa kepedulian warga terkait pentingnya bersosialisasi antar sesama.  Pentingnya interaksi antar warga dan kohesi sosial mampu mewujudkan jalinan harmonis dan kerukunan antar warga yang satu dengan yang lain. Adanya interaksi akan memuncul beragam perbincangan atas kondisi sosial, ekonomi, sosial budaya yang ada di lingkungan masyarakat, sehingga akan memunculkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan, serta tumbuh rasa keinginan untuk memajukan dan mengembangkan wilayah dengan beragam potensi yang dimiliki. 

Berkaitan dengan hal tersebut interaksi antar warga dan kohesi sosial mampu mendukung dan menjadi faktor pendorong pembangunan wilayah. Setelah pembangunan fasilitas selesai, dilanjutkan prosesi peresmian seluruh fasilitas Simpul Warga pada tanggal 25 Juni 2022 yang langsung diresmikan oleh Wakil Bupati Bandung, H. Sahrul Gunawan, S.E, dan juga Kepala Sub Direktorat Organisasi Mahasiswa dan Pengembangan Prestasi Mahasiswa ITB, Dr. Epin Saepudin, M.Pd. Adapun mahasiswa yang melakukan kegiatan pengmas ini diantaranya adalah Salman Farid (Manajemen Rekayasa), Wanda Fitri Syahriani (Teknik Kimia), Ahmad Shodiq Multazim (Teknik Sipil), Alfira Salsabila (Teknik Lingkungan), Luthfiyah Jannatunnisa (Meteorologi). 
 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung