English Language Indonsian Language

Konteks Penyelenggaraan Sayembara Desain Fasilitas Kemahasiswaan ITB dalam Aanwijzing 

Rabu, 20 Juli 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Dalam penyelenggaraan Aazwijzing pada Sayembara Desain Fasilitas Kemahasiswaan (Fasmawa) ITB dipaparkan area desain yang diubah pada 3 wilayah yakn Campus Center Barat, Sunken Court, dan Area UKM di Saraga. 

“Dalam setiap kegiatan, kami mencoba terus bergerak dari apa yang memang sebelumnya sudah direcanakan pada pengembangan di bidang kemahasiswaan. Salah satunya yakni tercipatanya ruang dan kesempatan seluasnya bagi seluruh mahasiswa ITB untuk berkembang secara personal, sosial, fisikal, mental, dan intelektual dalam kerangka tradisi, nilai-nilai ITB, dan nilai-nilai akademik yang universal,” jelas Direktur Direktorat Kemahasiswaan  (Ditmawa) ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama M.Sn saat menyampaikan paparannya pada Aanwijzing Sayembara Desain Fasmawa ITB, beberapa waktu lalu (16/7/2022). 

Menurutnya, pengembangan fasilitas kemahasiswaan ini dimulai dari berbagai hasil identifikasi atas permasalahan faskes yang dianggap belum memadai, baik itu di  ITB kampus Ganesha, Jatinangor, dan Cirebon. Saat ini total jumlah mahasiswa ITB sekitar 22.000 mahasiswa pada strata Sarjana maupun Pasca Sarjana. Hal ini berimplikasi terhadap semakin banyaknya himpunan maupun unit kegiatan mahasiswa dan semakin bertambahnya intensitas kegiatan kemahasiswaan yang ada di ITB. Pihaknya juga mengidentifikasi ada sekitar 20 persen organisasi kemahasiswaan yang ada di ITB tidak memiliki secretariat. 

“Kami melakukan beberapa diskusi dan FGD, termasuk survey langsung bersama mahasiswa. Adad banyak sekali masukan khususnya dalam tataran elementer seperti soal sirkulasi udara dalam ruangan yang kurang bagus, tempat penyimpanan yang tidak memadai, ruang pertemuan yang masih kurang dan lain sebagainya. Atas dasar permasalahan tadi kami berangan-angan ingin menghasilkan sebuah faskes yang inklusif dan mebuat mahasiwa mudah untuk berkolaborasi dan melakukan interaksi sosialnya,” jelas Prasetyo. 

Pada kegiatan ini, disampaikan pula mengenai Term of Reference (TOR) Sayembara Desain Fasmawa ITB yang dipaparkan oleh Jihan Sabrina dan Ghevira. Jihan menyebutkan ada tiga lokasi yang menjadi konsentrasi sekretariat Unit dan Organisasi dalam kampus yaitu Campus Centre Barat (hanya pada lantai dasar dan sayap lapangan basket ) digunakan oleh kelompok Kesenian, Kebudayaan, dan Keluarga Mahasiswa ITB. Selain itu area Sunken Court (lantai basement di depan perpustakaan Pusat) yang digunakan oleh kelompok kajian, pendidikan, agama, media kampus. Terakhir, Saraga (lantai dasar Bangunan Kolam renang di kawasan seberang Jalan Tamansari) digunakan oleh kluster Olahraga dan pecinta alam. Lebih lengkap, informasi area tersebut bisa diakses di bit.ly/SiteFasmawa22 . Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan peninjauan langsung ke area-area yang menjadi objek perubahan desain. 
 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung