English Language Indonsian Language

Jadi Mahasiswa yang Lebih Berkarakter di CDT - ITB Tahun 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Mahasiswa diyakini merupakan cikal bakal agen perubahan masa depan. Untuk itu diperlukan mahasiswa yang berkarakter baik untuk membuat perubahan tersebut. Dalam rangka mendukung pengembangan karakter mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB menggelar kegiatan Character Development Training (CDT) pada 10-11 Agustus 2022 bertempat di ITB Kampus Ganesha dan ITB Kampus Jatinangor.

“CDT merupakan salah satu rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru angkatan 2022 dan menjadi program pilot project untuk pelaksanaan kegiatan luring di kampus ITB. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa baru dalam pendalaman karakter mahasiswa ITB dan pengenalan kehidupan perkuliahan,” ungkap Ketua Pelaksana CDT Tahun 2022, Alfini.

Ia menuturkan, pada kegiatan ini mahasiswa baru ditanamkan beberapa karakter utama seperti Adaptif, Integritas dan Rendah hati yang disingkat menjadi AIR. Karakter ini merupakan hasil FGD dari pihak Ditmawa, Dosen, Ormawa, dan mahasiswa dimana penentuan ketiga karakter ini berdasarkan kebutuhan manusia dalam menghadapi segala perubahan yang sangat cepat dan tidak menentu. Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru juga diberikan tiga modul karakter yang materi modulnya disampaikan oleh dosen dari masing-masing fakultasnya.

Pada pelaksanaannya, CDT hari pertama diikuti oleh sekitar 4800 lebih mahasiswa ITB. Jumlah tersebut kemudian dibagi menjadi 2, yakni sekitar 4000an mahasiswa di ITB kampus Ganesha dan sisanya di ITB Kampus Jatinangor. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring ini mendapat feedback yang cukup positif dari para mahasiswa. Terlebih, dua tahun belakangan, pelaskanaan kegiatan pengembangan karakter semacam ini biasanya dilakukan secara daring.

“Kegiatan dilaksanakan sejak pukul 7 pagi hingga 1 siang. Adapun kegiatan diisi dengan ateri-materi yang berkaitan dengan pengembangan karakter AIR tadi. Materi pun disampaikan oleh dosen dari setiap fakultas masing-masing. Harapannya agar mahasiswa lebih terpicu untuk dapat memahami dan mendalami apa itu karakter AIR dan bagaimana aplikasinya dalam dunia perkuliahan nanti,” jelas Alfini.

Menurutnya, kegiatan CDT sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa baru ITB. Pasalnya, pada kegiatan ini, mahasiswa juga akan diperkenalkan dengan serba-serbi kegiatan yang ada di kampus ITB. Tak hanya itu, mahasiswa juga diajak untuk lebih tangguh dan mampu bertahan menjalani kehidupan perkuliahan yang begitu dinamis.

“Semoga kegiatan ini bisa memunculkan energi positif, baik itu bagi mahasiswa, panitianya, bahkan dengan para dosen pemateri, untuk bersama-sama berjuang dan bertahan dalam menjalani masa-masa di perkuliahan. Karenanya, pengembangan karakter AIR bagi mahasiswa sangat penting agar mereka juga terpicu semangatnya dalam belajar berbagai hal selama menjadi mahasiswa,” pungkasnya.

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung