English Language Indonsian Language

Apresiasi Kegiatan KKN Tematik ITB, Jasa Raharja Kucurkan Dana Bantuan untuk Inovasi di Lingkungan Desa

Senin, 15 Agustus 2022 - Anne Rufaidah

KAB.CIREBON, kemahasiswaan.itb.ac.id – PT. Jasa Raharja mengucurkan dana sebesar Rp. 50 juta untuk turut mendukung program pelaksanaan KKN Tematik ITB Tahun 2022. Dana tersebut merupakan bentuk dukungan dan apresiasi terhadap program Kelompok 1 dan Kelompok 2 KKN Tematik ITB Tahun 2022 yang berfokus pada pengolahan sampah organik dan anorganik di Desa Kebonturi, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. 

“Bantuan ini merupakan bantuan dari perusahaan sebagai tanggung jawab sosial dan lingkungan, sesuai dengan program berkelanjutan yang dicanangkan oleh pemerintah. Dalam hal ini kami mendukung dan mengapresiasi program pembangunan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) maupun sosialisasi pengolahan sampah pada masyarakat desa Kebonturi, yang dilakukan oleh mahasiswa ITB pada kegiatan KKN ini,” terang Kasubag Keuangan, Akuntansi, dan TJSL Jasa Raharja Jawa Barat, Dwi Marliana Rahayu saat ditemui di Kawasan TPS Desa Kebonturi. Jumat lalu (12/8/2022). 

Pada kesempatan tersebut, ia menyebutkan sebelum menyambangi TPS yang baru ini pihaknya bersama aparat desa dan mahasiswa KKN Tematik ITB khususnya Kelompok 1 dan 2  telah melakukan sosialisasi soal pengolahan sampah pada warga desa Kebonturi. Hal ini tidak lain bertujuan agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya melakukan pengolah sampah sejak dari skala rumah tangga. Bahkan ia pun berharap agar masyarakat bisa melakukan inovasi dalam pengolahan sampah dengan cara mengelola kembali sampah menjadi benda yang lebih bermanfaat. 

“Program semacam ini sudah rutin kami laksanakan setiap tahun, namun bentuk bantuannya saja yang berbeda. Jika tahun ini kami mendukung pembuatan TPS, berbeda dengan tahun lalu, kami melakukan penanaman pohon. Besar harapan kami pada masyarakat agar TPS yang dibangun serta sosialisasi yang dilakukan bisa menambah pemahaman serta dapat dipraktekan dalam keseharian,” ujar Dwi. 

Sementara itu, salah satu perwakilan dari kelompok 2 KKN Tematik ITB Tahun 2022, Alloy Christian mengemukakan program pembangunan TPS dan sosialisasi pengelolaan sampah merupakan kolaborasi antara Kelompok 1 dan Kelompok 2 yang memiliki tema lingkungan. Pada kelompok 1 membuat tong-tong sampah untuk pemilahan sampah organik dan anorgani. Sedangkan untuk Kelompok 2 membuat TPS. 

“Jadi untuk tong sampah ada sekitar 20 tong sampah di 10 titik yang ada di desa Kebonturi. Hasil dari sampah ini nantinya akan difokuskan pada pengolahan kompos. Sedangkan untuk pengolahan sampah anorganiknya dilakukan oleh Kelompok 2 melaluli satu-satunya TPS yang dibangun oleh Kelompok 2 karena memang sebelumnya di lingkungan desa Kebonturi belum ada TPS sama sekali,” ucap Alloy. 

Hal senada disampaikan perwakilan dari Kelompok 1, Tan Manuel Widjaja, Menurutnya, pembangunan TPS dan sosialisasi pengolahan sampah memang sangat diperlukan di wilayah desa tersebut. Pasalnya, masih terlihat belum adanya pembiasaan dalam mengolah sampah dan masih terdapatnya sampah yang berserakan di sekitar desa. 

“Ketika kami datang ke sini, kami melihat banyak sekali sampah yang berserakan di jalan. Untuk itu kami mengadakan dua program tadi, agar masyarakat lebih paham dan sadar bahwa pengolahan sampah bisa dilakukan dari rumah masing-masing. Ya minimal, kami ingin anak-anak di sini bisa terbiasa membuang sampah dan mengolah sampah. Kami berharap dari hal sederhana itulah, muncul perubahan khususnya dalam bidangkebersihan di wilayah desa ini,” pungkasnya. 
 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung