English Language Indonsian Language

Menyemai Semangat Baca Masyarakat Desa dengan Bangun Perpustakaan Masjid

Senin, 15 Agustus 2022 - Anne Rufaidah

KAB.CIREBON, kemahasiswaan.itb.ac.id – Minat baca dan literasi yang lebih luas diharapkan bisa memicu semangat belajar di kalangan anak-anak. Hal ini dilakukan oleh mahasiswa peserta KKN Tematik ITB Tahun 2022. Kelompok 11 KKN Tematik ITB Tahun 2022 merancang pengelolaan perpustakaan yang ada di Masjid Nurul Huda, Desa Geyongan Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon. 

“Membuat perpustakaan ini adalah salah satu program Kelompok 11 yang mengusung tema bisnis dan pengembangan masyarakat. Kami melihat di desa Geyongan sudah banyak Lembaga Pendidikan agama, namun masih belum ada wadah untuk anak-anak di desa ini agar bisa bermain sambil belajar. Untuk itu, kami bekerja sama dengan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) DKM Nurul Huda membangun perpustakaan sederhana di lantai 2 masjid tersebut,” terang perwakilan Kelompok 11, Alfi Syahrul saat ditemui usai Peresmian Perpustakaan Masjid Nurul Huda, Kamis lalu (11/8/2022). 

Perpustakaan ini memiliki ratusan koleksi buku anak-anak bernuansa islami maupun pengetahuan umum. Tak hanya buku, kelompok ini pun menghibahkan lemari-lemari buku sebagai tempat penyimpanan buku. Alfi dan anggota kelompok lainnya berharap, agar pengelolaan perpustakaan ini bisa dikelola secara mandiri oleh remaja masjid di desa tersebut.

Selain itu, perpustakaan sederhana ini pun bisa diakses oleh anak-anak dan remaja masjid yang ada di desa Geyongan maupun desa Kebonturi. Sebelumnya, mahasiswa peserta KKN ini pun telah mengadakan beberapa agenda kegiatan seperti perlombaan cerdas cerman, lomba kebersihan, hingga mengadakan lomba pembuatan kaligrafi. 

Sementara itu, hadir membuka acara peresmian perpustakaan yakni Ketua Dewan Keluarga Masjid (DKM) Nurul Huda Desa Geyongan, H. Sanawi. Ia mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasihnya pada mahasiswa peserta KKN Tematik ITB Tahun 2022, karena telah mewujudkan program kerja DKM masjid tersebut, yang belum terwujud kala itu. Pihaknya mengaku sudah merencanakan pembuatan perpustakaan masjid, namun dikarenakan banyak kendala maka perpustakaan tersebut belum juga bisa diwujudkan. 

“Berkat hadirnya mahasiswa peserta KKN di desa Geyongan ini, akhirnya salah satu program DKM Masjid Nurul Huda yang belum terlaksana akhirnya bisa diwujudkan, yakni memiliki perpustakaan. Adanya Kerjasama antara remaja masjid dan mahasiswa ITB, maka perpustakaan untuk anak-anak ini bisa dihadirkan untuk masyarakat desa. Ke depannya, kami berharap aka nada aktivitas-aktivitas lain yang bisa dilaksanakan di perpustakaan dalam rangka meningkatkan semangat anak-anak di desa Geyongan untuk terus belajar,” pungkas Sanawi. 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung