English Language Indonsian Language

Gebyar Malam Apresiasi Peserta KKN ITB Tahun 2022, Dari Hiburan Hingga Akhirnya Pamitan

Selasa, 16 Agustus 2022 - Anne Rufaidah

KAB.CIREBON, kemahasiswaan.itb.ac.id – Tidak terasa, sudah 21 hari mahasiswa peserta KKN Tematik ITB Tahun 2022 melakukan berbagai kegiatan bersama masyarakat Desa Geyongan dan Desa Kebonturi, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Menjelang akhir dari kegiatan pamungkas, peserta KKN menggelar sebuah malam apresiasi bagi peserta KKN yang melibatkan masyarakat dari dua desa terdekat kampus ITB Cirebon tersebut. Malam apresiasi tersebut diadakan di wilayah Lapangan Sepakbola Desa Kebonturi, Sabtu lalu (13/8/2022). 

Kegiatan tersebut digelar dengan menghadirkan bermacam-macam bazzar jajanan dan produk khas dua desa tersebut. Tak hanya itu, terdapat pula beberapa stand yang menyajikan hasil karya peserta KKN dan ada pula pertunjukan seni dari setiap kelompok KKN untuk menghibur masyarakat desa. Pada malam itu, berkumpul juga warga dari dua desa tersebut, perangkat desa yakni Kepala Desa Geyongan, Heri Suyato, Kepala Desa Kebonturi Subur beserta jajarannya, dan Direktur Kampus ITB Cirebon, Dr. Ir. Iwan Kustiwa M.T. 

“Tak terasa sudah kurang lebi 21 hari kami belajar di sekolah rakyat bersama warga Desa Geyongan dan Desa Kebonturi. Sangat banyak hal yang kami pelajari dan ini lebih dari apa yang kami berikan pada dua desa tersebut. Keterbatasan, tantangan, dan rintangan tidak menghentikan kami untuk terus mencari solusi dalam mewujudkan apa yang telah kami rencanakan,” ucap Ketua Pelaksana KKN Tematik ITB Tahun 2022, Sayyid Hawwa saat memberikan sambutan, Sabtu malam lalu. Ia mengaku, keramahan warga menjadi semangat bagi panitia maupun peserta dalam menjalani hari-hari di dua desa tersebut. Keramahan ini diharapkan bisa menjadi modal agar kelak mahasiswa ITB Kampus Cirebon hadir dan belajar di wiilayah itu, dapat belajar dengan merasa nyaman dan menerapkan ilmunya bagi kebermanfaatan masyarakat khususnya Desa Geyongan dan Desa Kebonturi. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Dr. G.Prasetyo Adhitama M.Sn. Ia mengungkapkan  apresiasi terhadap kepala desa Geyongan dan Kebonturi serta seluruh warga desa yang sudah berkenan membantu proses belajar mahasiswa terutama selama kegiatan KKN ITB berlangsung. Menurutnya, KKN merupakan bagian dari proses akademik belajar mahasiswa dimana mahasiswa mengimplementasikan selluruh pengetahuan dan keahliannya di kelas, untuk diwujudkan di lingkungan masyarakat. 

Ia menyebutkan, KKN ini merupakan bagian dari proses belajar, dimana mahasiswa bekerja sama dengan masyarakat desa. Hasil dari kegiatan KKN ini memang ada sebagian yang masih perlu diselesaikan dan memaksimalkan hasilnya agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga di kedua desa tersebut. Tema yang diusung dalam kegiatan KKN kali ini yakni pengembangan kelembagaan, penyediaan air bersih, pengelolaan sampah, dan pengembangan masyarakat terkait wirausaha dan bisnis masyarakat. Prasetyo mengatakan bahwa kegiatan 21 hari di lapangan dan beberapa bulan sebelumnya di kampus ITB masih perlu ditindaklanjuti lagi. 

“Kami sudah berdiskusi dengan pihak desa maupun kampus ITB Cirebon. Setelah program KKN ini , ke depannya Kerjasama ini akan terus berlanjut hingga kegiatan pengabdian masyarakat lainnya di desa Geyongan dan Kebonturi. Sehingga project-project yang sudah dikerjakan tidak akan berhenti pada KKN kali ini saja. Lalu, di tanggal 14 Agustus 2022, besok, kami pun sekalian berpamitan membawa mahasiswa peserta KKN untuk kembali di Kampus ITB Ganesha. Semoga kenangan suka dan duka yang dialami mahasiswa di sini bisa menjadi poin penting dan pembelajaran bagi mahasiswa di masa depan nanti,” pungkasnya. 
 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung