English Language Indonsian Language

Digelar Secara Hybrid, PPKM ITB 2022 Jadi Pembuka Rangkaian Pembinaan Karakter di Asrama ITB 

Minggu, 11 September 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id –  Program Pengembangan Karakter dan Motivasi (PPKM) ITB 2022 menjadi salah satu agenda penting bagi mahasiswa TPB, khususnya yang mendiami Asrama ITB. Program ini merupakan kegiatan pembuka dari rangkaian program pembinaan karakter yang secara rutin sudah dilakukan oleh pihak asrama. 

“Asrama ITB tidak hanya memberikan fasilitas hunian saja, tetapi juga memberikan wadah pengembangan karakter, juga aktualisasi diri bagi semua mahasiswa ITB dengan mengusung Living and Learning Community. Asrama menyediakan wadah pembelajaran berbasis masyarakat sekaligus menyelenggarakan pembinaan karakter sehingga terbentuk mahasiswa yang sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi,” jelas Ketua Pelaksana PPKM ITB Tahun 2022, Ahmad Raihan Putra saat membuka kegiatan PPKM ITB Tahun 2022 di Gedung CRCS, Minggu (11/9/2022). 

Kegiatan PPKM ini digelar kembali setelah 2 tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring. Kali ini, PPKM dilaksanakan secara hybrid di 4 tempat, dengan lokasi utama di Gedung CRCS Kampus ITB Ganesha, serta diselenggarakan pula di Asrama Sangkuriang, Asrama Kanayakan, dan di Gedung Serba Guna (GSG) Kampus ITB Jatinangor. 

Menurut Ahmad, program yang diinsiasi oleh Asrama ITB dan Ditmawa ITB adalah bagian dari program, aktulisasi pengembangan dan penanaman karakter untuk membangun kepekaan diri serta atmosfer akademik. Setelah acara ini berlangsung, harapannya agar mahasiswa ITB khususnya penerima KIP-K, afirmasi, serta para penghuni asrama semakin siap dalam menghadapi kehidupan di kampus. Hal ini tidak terlepas dari modal pembiasaan disiplin, berani, peduli dan bertanggung jawab. 

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa, Ir. Hendri Syamsudin M.Sc.,Ph.D mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi bagian dari proses pengembangan karakter dan motivasi yang berkelanjutan. Hal ini menjadi sangat penting lantaran karakter menjadi bagian karakter unggul teratas dalam dunia kerja. Berdasarkan hasil tracer study dan user survey yang dilakukan ITB, didapatkan hasil bahwa alumni ITB mengklaim sebanyak lebih dari 70% pendidikan dan pengembangan karakter mereka didapatkan dari aktivitas organisasi kemahasiswaan selama mereka di kampus. 

“Untuk itu kami berharap agar mahasiswa selama mengikuti masa perkuliahan tidak hanya fokus pada aspek akademik saja. Ada aspek lain yang tidak kalah pentingnya saat nanti mahasiswa menghadapi dunia kerja nanti, yakni karakter kalian,” ucap Hendri. 

Kegiatan PPKM ITB Tahun 2022 diisi dengan serangkaian Talkshow dari berbagai narasumber. Pada talkshow sesi pertama, hadir Ketua Kabiner Keluarga Mahasiswa (K3M) ITB, Rommi Adany Putra Afauly dan Mahasiswa Berpestasi ITB 2022, Muhammad Ibny Fadlin Syah. Sedangkan pada talkshow sesi kedua hadir sebagai pemabicara Dr.Ir. Agung Wiyono Hadi Soeharno, M.Eng dan Prof. Dr. M. Salman A.N M.Si. 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung