English Language Indonsian Language

KM ITB Kembali Gelar Aku Masuk ITB

Senin, 18 Maret 2024 | Reporter : Chandra Agusti Budiman | Editor : Chandra Agusti Budiman

Kabinet Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM ITB) kembali menggelar Aku Masuk ITB (AMI) di lingkungan Kampus ITB Ganesha, Sabtu (9/3).

Kegiatan tahunan ini merupakan wadah untuk menyebarkan semangat dalam berpendidikan tinggi, tujuannya untuk mempromosikan nilai-nilai pendidikan tinggi, membangkitkan minat dalam pembelajaran, dan membantu untuk mencapai potensi pendidikan tinggi. Haura Shofa mengatakan “tujuan utamanya itu untuk menyebarkan semangat pendidikan tinggi, selain itu kita tuh mencoba untuk menumbuhkan aplikasi dari diri-diri siswa siswi SMA di Indonesia”, ucap Penangungg Jawab Kegiatan AMI 2024 ini.

Selain itu, Mahasiswi Kimia ITB 2022 ini menambahkan kegiatan ini tidak hanya menyampaikan pentingnya pendidikan tinggi, tetapi juga mengenalkan kampus ITB dan program studi apa saja yang terdapat di ITB, termasuk beberapa program studi yang hanya terdapat di ITB, salah satunya Program Studi Astronomi, “Astronomi kan cuma ada di ITB, pasti pada pengen tahu kan apa aja yang dipelajari, nah nanti mereka bisa bergabung di sini”, tambahnya. Haura meyakini dengan mengenalkan program studi dan prospek kerjanya dapat menggali potensi dalam diri setiap peserta.

Kegiatan ini turut mengundang siswa siswi SMA/SMK dan sederajat di Indonesia dan dihadiri sebanyak lima ribu peserta. Tak main-main, beberapa peserta yang hadir pun berasal dari Jawa Timur dan Riau. Secara teknis, sosialisasi disebarkan melalui media sosial dan dilakukan oleh mahasiswa ITB yang berasal dari daerah di seluruh Indonesia dengan mengunjungi sekolah-sekolah di daerah asalnya.

Kepala Sub Direktorat Organisasi Mahasiswa dan Pengembangan Prestasi Mahasiswa, Epin Saepudin, turut memberikan tanggapan mengenai kegiatan AMI 2024 ini, “ini adalah kegiatan yang baik, terutama didalam menyebarkan spirit untuk melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi, dalam hal ini ke ITB, sehingga harus terus di rutinkan setiap tahun”, ujar Epin saat ditemui di Campus Center Barat.

Epin menambahkan kegiatan AMI ini bisa saja di selenggarakan di Kampus Jatinangor, “tentu karena ITB sekarang multikampus, ada Kampus Ganesha, Jatinangor, dan Cirebon, serta di Jakarta yang pascasarjana, yang mungkin AMI ini kedepan bisa dilaksanakan di Jatinangor, tidak hanya di Ganesha”, tambah Epin.

Dosen Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelompok Keahlian Ilmu-ilmu Kemanusiaan ITB ini turut memberikan apresiasi kepada KM ITB khususnya pada Haura, Penanggung Jawab AMI 2024, “walaupun ketua pelaksananya perempuan, tapi dia membawahi panitianya itu diatas 1200 orang, peserta yang datang lebih dari 5000 orang, dan berjalan dengan baik”, pungkasnya.

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung