English Language Indonsian Language

Optimalisasi Layanan Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa, Dosen ITB Ikuti Pelatihan Konseling 

Kamis, 28 Juli 2022 - Anne Rufaidah

BANDUNG, kemahasiswaan.itb.ac.id – Dalam rangka memaksimalkan potensi dan menjaga kesehatan mental mahasiswa, Bimbingan Konseling )BK) ITB menggelar Pelatihan Konseling Bagi Dosen di Lingkungan ITB Kampus Jatinangor dan Cirebon, pada 25-27 Juli 2022 secara daring. 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM) ITB Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring M.Eng menuturkan mahasiswa menghadapi tantangan yang sangat besar terutama tantangan perubahan yang dipicu oleh teknologi. Hal itu banyak mengubah perilaku, persepsi dan pandangan mahasiswa yang secara otomatis juga berdampak pada kondisi psikologis. 

“Dari berbagai kajian dari UNICEF pun khususnya di Indonesia, pada rentang usia remaja hingga dewasa muda didapat hasil bahwa 1 dari 3 usia tersebut rentan mengalami depresi pada berbagai tingkat.  Ini tentu menjadi pehatian kita sehingga diharapkan mahasiswa memiliki daya adaptasi yang cepat. Hal ini diharapkan akan berdampak pada keseimbangan sosial dan psikologis mahasiswa,” jelas Jaka.

Pihaknya berupaya sekeras mungkin untuk memberi solusi bagi beberapa permasalahan mahasiswa. Dalam menjaga Kesehatan mental, kami menyediakan fasilitas Bimbingan Konseling yang lebih memadai dan merekrut tenaga ahli professional di bidang psikologi.  Layanan bimbingan konseling ini pun tidak hanya tersedia di kampus ITB Ganesha saja, tetapi juga akan disediakan di ITB Kampus Jatinangor dan Kampus Cirebon. 

Pada kegiatan pelatihan ini, para peserta yang merupakan dosen ini akan diberikan berbagai materi soal pemahaman konseling dan komunikasi dalam konteks konseling (kemampuan mendengarkan) dari para psikolog ahli dari Dra. Isriana dan Dra. Nina Ratma Maulina M.Psi. 

 

 

Logo Kemahasiswaan ITB

Gedung Campus Center Barat Lantai 1

Jl. Ganesa No.10 Lebak Siliwangi

Kec. Coblong, Kota Bandung 40132

Phone: (022) 2504814

© Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung