Berita

Pertama Kalinya, ITB Gelar Virtual ITB Integrated Career Days 2020

Selasa, 20 Oktober 2020 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Kondisi pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan, termasuk dalam penyelenggaraan sebuah kegiatan. Untuk pertama kalinya, ITB menggelar bursa kerja Virtual ITB Integrated Career Days 2020 yang dilaksanakan 19-27 Oktober 2020 secara daring. 

Kepala Sub Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB Career Center, Sonny Rustiadi SE, MBA, Ph.D, CBAP mengungkapkan, tahun ini pihaknya menggelar kembali bursa kerja dengan konsep yang berbeda, yakni dengan konsep digital.  Bursa kerja yang rutin digelar 2 kali dalam setahun ini menjadi salah satu acara pendamping Wisuda ITB yang biasa digelar setiap bulan April dan Oktober. 

“Career Days kali ini menjadi tonggak sejarah bagi kami, karena pertama kalinya digelar secara virtual. Ini menjadi inovasi dalam menjawab tantangan yang muncul di tengah pandemi yang mendera Indonesia dan juga global. Dengan dilaksanakan secara virtual, digarahkan para pencari kerja maupun perusahaan bisa tetap berinteraksi dengan aman, nyaman, dan tetap bisa menjaga kesehatannya,” terang Sonny saat Peresmian Virtual ITB Integrated Career Days 2020 secara daring pada 19 Oktober 2020. 

Ia menuturkan, acara tersebut sekaligus menjadi official launching dari Digital Fair and Environment ITB. Bahkan pihaknya mengklaim, bahwa bursa kerja ini menjadi satu-satunya fair and environment yang dibuat oleh Perguruan Tinggi di Indonesia, minimal Perguruan Tinggi cluster pertama. Peresmian acara yang berlangsung secara live streaming di kanal youtube ITB Official, Ditmawa ITB, serta ITB Career Center ini pun, memiliki jumlah subscriber sebanyak 90 ribu akun. 

“Harapannya, official launching ini akan menjadi tonggak sejarah ITB dalam pelaksanaan kegiatan besar yang digelar secara virtual, dengan ide dan inovasi-inovasi yang dilakukan  oleh civitas akademika ITB. Tentunya, Digital Fair and Environment bisa digunakan oleh seluruh civitas akademika ITB dalam melaksanakan segala kegiatan, baik itu berupa pameran, seminar, dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan secara digital,” papar Sonny. 

Acara Virtual ITB Integrated Career Days 2020 diresmikan secara daring oleh Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah MSCE, Ph.D. Pada kesempatan tersebut, ia mengungkapkan, ITB Career Center memiliki tugas dan fungsi yang strategis dalam menunjang fungsi dan tujuan ITB. Ia menyebutkan, bahwa lulusan ITB menjadi sangat ditunggu-tunggu oleh dunia kerja, terutama dari karya dan inovasinya alumninya. Maka, kata Reini, wajib bagi mahasiswa dan alumni ITB untuk terus memperluas jaringan yang tak hanya berkaitan dengan teknologi dan sains, tapi juga jaringan di bidang sosial, budaya, ekonomi, dan bahkan politik. 

“Layanan ITB Career Center ini tidak hanya bisa diakses oleh mahasiswa dan alulmni muda ITB saja, karena ini pun terbuka untuk mahasiswa dan alumni dari perguruan tinggi lainnya. Layanan ini pun menyediakan info lowongan kerja, management, tips-tips memperoleh pekerjaan, hingga konseling karir. Artinya, meski pelaksanaan acara ini berbeda formatnya karena pandemi, akan tetap tidak menghalangi interaksi dunia industry dan mahasiswa pun masih efektif untuk dilakukan,”ucap Reini. 

Pada peresmian Virtual ITB Integrated Career Days 2020, dihadiri oleh perwakilan talent perusahaan serta pejabat di lingkungan ITB seperti Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (ITB) Dr. Ir. Jaka Sembiring, M. Eng, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan (WRUK) Ir. Muhammad Abduh MT, Ph.D, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Dr. Ir. Gusti Ayu Putri Saptawati S., M.Comm, serta perwakilan dari setiap Fakultas/Sekolah, dan Unit Pendukung lainnya di ITB.