Berita

Virtual ITB Integrated Career Days 2020, PT. Dans Multi Pro, Terus Kembangkan Potensi SDM Perusahaan

Kamis, 22 Oktober 2020 - Anne Rufaidah

BANDUNG - PT Dans Multi Pro merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang Information Technology (IT) Integrated Solution, dimana tak hanya mengembangkan software saja tetapi juga menjadi konsultan di bidang software. 

Nikolas Rianto Putra dari PT. Dans Multi Pro mengungkapkan, salah satu tujuan perusahaannya didirikan adalah menjadi 1 dari 10 developer IT terbesar di Asia Pacific. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan memaksimalkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Ia meyakini, bahwa SDM dalam sebuah perusahaan menjadi salah satu kunci keberhasilan pengembangan perusahaan tersebut. 

“Kami percaya bahwa di dalam dunia kerja, atau dalam kehidupan yang lebih besar, selalu ada yang lebih baik daripada yang lain. Artinya, jika ada satu orang yang jago dalam data base tapi Bahasa pemprogramannya lemah, maka pasti ada orang lain juga yang jago Bahasa programnya tapi lemah dalam data base. Di sinilah perlunya kita menguatkan teamwork dengan potensi masing-masing yang dimiliki oleh SDM perusahaan. Dengan begitu, maka tujuan dari perusahaan bisa tercapai,” terang Nikolas. 

Menurutnya, PT. Dans Multi Pro didirikan pertama kali di tahun 2014. Berkantor utama di kota Jakarta, Dans akhirnya mengembangkan sayap dengan membuka kantor di kota Bandung. Perkembangan perusahaan, membuat PT. Dans Multi Pro membutuhkan lebih banyak lagi SDM mumpuni. Hal ini terlihat dari jumlah karyawan yang semula didirikan oleh 3 orang kini bertambah jadi 60 orang. Bahkan, dalam kurun waktu 6 tahun, Dans Multi Pro terus menambah SDM dengan spesifikasi kompetensi yang terus ditingkatkan. 

“Kami terus memperbaiki diri, meningkatkan kualitas dari berbagai sisi seperti kualitas kompetensi SDM perusahaan, delivery, hingga teknis pemprograman. Kami yakin, dengan perbaikan yang terus dilakukan, akan meningkatkan kepercayaan dari customer kami, sehingga memotivasi SDM kami untuk terus berkembang lagi terhadap perkembangan IT terkini,” ucapnya. 

Ada dua project utama yang ditangani oleh PT. Dans Multi Pro, diantaranya Enterprise Information dan juga Mobile Application. Dalam bidang Enterprise Information, salah satu project yang dikerjakan yakni membuat Intelligent Building Management System (IBMS) Angkasa Pura II, dimana pihaknya memonitor dan mengontrol mechanical and electrical equipment. Tak hanya itu, pihaknya juga pernah mengerjakan project Vendor Registration Procurement System dari perusahaan WIKA, serta beberapa project lainnya dari perusahaan swasta maupun BUMN. 

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Nikolas menyebutkan bahwa perusahaannya tetap menjaga produktivitas perusahaannya, baik dari sisi produk, jasa, maupun SDM-nya. Diakuinya, ada banyak hal yang harus dirubah dalam menghadapi tantangan Covid-19. Jika sebelumnya kita terbiasa berinteraksi secara langsung, kini “terpaksa” memakai segala platform digital untuk memudahkan komunikasi. Tak hanya itu, jika dahulu bekerja dinilai dengan pergi ke kantor, kini produktivitas pekerjaan tidak ditentukan dari hal-hal yang tampak melainkan proses pekerjaan yang tampak pada hasil pekerjaan tersebut. 

“Kondisi ini menjadikan kami merubah pola pengukuran hasil pekerjaan, dari yang tadinya base result, menjadi result best tracking. Tidak hanya menilai orang bekerja dari ia dating dan pulang dari kantor jam berapa, atau hecticnya pekerjaan saat itu juga, tapi kini kami melihat produktivitas pekerjaan dari hasil yang didapatkan. Itulah kenapa, kami terus menjaga produktivitas perusahaan dengan menjaga produktivitas SDM-nya,” pungkas Nikolas.