Berita

Pandemi Covid-19, ITB Gelar Virtual Graduation Ceremony

Sabtu, 24 Oktober 2020 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Dalam rangka Wisuda Pertama Tahun Akademik 2020/2021, ITB menggelar acara wisuda secara virtual pada 24 Oktober 2020. Wisuda tersebut merupakan ceremony yang disajikan secara virtual bagi para lulusan Program Doktor, Program Magister, Program Profesi Insinyur, dan Program Sarjana. 

“Gelar yang saudara raih adalah berkat kerja keras, ketekunan, dan kesabaran. Dengan menyandang gelar tersebut, kini saudara mengemban tanggung jawab yang lebih besar, yakni tanggung jawab terhadap masyarakat,” ujar Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D

Ia menuturkan, dengan gelar dan kompetensi yang saat ini dimiliki oleh lulusan ITB, maka ia menyebutkan tidak berlebihan jika lulusan ITB dikatakan sebagai generasi yang unggul. Pasalnya, mahasiswa yang telah lulus dianggap berhasil meraih kemampuan lebih yaitu intellectual privilege. Kemampuan itulah, kata Reini, yang jadi bekal untuk merespin permasalahan masyarakat di masa depan. 

“Tentunya, kita tidak hanya dituntut untuk bisa menjawab persoalan saja. Tapi di dunia kerja, kita pun dituntut untuk bekerja dalam tim, bertukar gagasan, berkolaborasi, dan saling memahami dengan sesama anggota tim. Disinilah perlunya kemampuaan melakukan kooperatif dan koordinasi. Kami meyakini bahwa dengan cara seperti itu, keungguan dan kemampuan yang dimiliki oleh lulusan ITB bisa memberikan sumbangsih yang nyata pada negeri ini,” terang Reini. 

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 di tahun 2020 menjadi tantangan tersendiri. Banyak hal berubah karena pandemi tersebut. Akan tetapi, hal itu tidak menghalangi semangat mahasiswa dalam berkarya. Ia mengungkapkan, dengan kondisi semacam ini, solidaritas menjadi hal yang penting.  Sikap untuk saling mendukung dan tetap solid dalam berkarya sangat diperlukan untuk saat ini. 

“Selamat atas selesaiya studi saudara di ITB, almamater kita yang tercinta. Saya menyampaikan terima kasih pada para orang tua yang telah mempercayakan putra/I nya pada kami dan menempuh pendidikan di ITB. Saya berharap, para lulusan ITB bisa terus berkarya dan berpikiran maju, serta senantiasa memiliki semangat leadership, solidaritas, dan mampu memberikan sumbangsih yang nyata oada masyarakat. Prestasi saudara adalah prestasi ITB, begitu pun dengan prestasi ITB adalah prestasi saudara,” tutup Reini dalam pidatonya. 

Dalam kesempatan ITB Virtual Graduation Ceremony tersebut, diramaikan dengan hiburan music serta tampilan mahasiswa-mahasiswa ITB yang lulus dari setiap fakultas.