Berita

150 Tim Robot Siap Berlaga di KRI Daring Tingkat Nasional 2020

Kamis, 19 November 2020 - Anne Rufaidah

BANDUNG -  Sebanyak 150 tim robot terbaik dari 67 perguruan tinggi yang ada di Indonesia, siap berlaga dan adu kemampuan pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Daring Tingkat Nasional 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada 16-24 November 2020. 

“Sebelum pelaksanaan tingkat nasional ini, kami sudah melakukan seleksi tahap awal yang pada 24-27 September 2020 lalu. Dilanjutkan dengan KRI Wilayah I pada 5-8 Oktober 2020 dan KRI Wilayah II pada 9-13 Oktober 2020. Dari rangkaian kegiatan tersebut, maka dipilih 150 tim yang kini dipertandingkan di KRI Tingkat Nasional,” ujar Ketua Pelaksana KRI Daring 2020, Dr. Fadhil Hidayat. 

Ia menyebutkan, pelaksanaan KRI Daring selama masa pandemi Covid-19 ini membuat para peserta melakukan pertandingan di lokasinya masing-masing. Meski demikian, para pendukung dari tiap-tiap tim, bisa menyaksikan perlombaan secara live streaming pada kanal youtube KRI ITB dan ITB Offical. Pihaknya pun memastikan bahwa para peserta yang mengikuti kontes ini, memenuhi standar protap kesehatan yang diberlakukan oleh Satgas Covid-19. 

Pada tingkat nasional, KRI mempertandingkan 6 kategori diantaranya Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, KRSBI Humanoid, Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), serta Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). 

Hadir di lokasi control room ITB, Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia, Asep Sukmayadi S.IP, M.Si mengatakan, animo serta antusiasme peserta kontes robot kali ini mampu menunjukan semangat kreativitas dan inovasi yang begitu tinggi meski kondisi pandemi Covid-19. Pihaknya mengapresiasi para peserta yang tetap produktif berkarya melalui kompetisi ini, karena menurut Asep, bidang robotika menjadi salah satu kunci tantangan dari perkembangan teknologi dan informasi di masa depan. 

“Melalui kontes robot ini, kami akan mengirimkan tim yang berhasil menjadi juara untuk ikut serta pada kontes robot internasional.  Mudah-mudahan penyelenggaraan KRI tahun ini, kita bisa memperoleh juara internasional, yang notabene hal ini menjadi sasaran startegis dari Kemdikbud RI khususnya prestasi internasional,” terang Asep di sela-sela acara Pembukaan KRI Daring Tingkat Nasional di ITB (18/11/2020). 

Pada kesempatan tersebut, turut hadir pula secara virtual Rektor iTB Prof. Reini Wirahadikusumah serta Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM) ITB, Prof. Dr. Jaka Sembiring. Selain itu, pada acara pembukaan yang disaksikan oleh seluruh peserta kontes robot serta perwakilan setiap perguruan tinggi peserta KRI 2020, dilaksanakan penyerahan Piala Bergilir KRI 2019 yang diwakili penyerahannya oleh DIrektur Direktorat Kemahasiswaan ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama M.Sn pada Puspresnas Kemdikbud RI, yang kemudian diserahkan pada Panitia KRI Daring Tingkat Nasional 2020.