Berita

Sambut Para Calon Mahasiswa Masa Depan, ITB Gelar Virtual Open House

Jumat, 15 Januari 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Dalam rangka memberikan akses informasi soal ITB, baik dari sisi akademik maupun dunia kemahasiswaannya, ITB menyelenggarakan Virtual Open House ITB yang digelar sejak 15 hingga 17 Januari 2021. 
Acara yang dilangsungkan secara daring ini memiliki konsep dimana pengunjung website: virtualopenhouse.itb.ac.id bisa mengakses informasi dan bahkan mengunduh data-data maupun booklet yang dibutuhkan. Terdapat beberapa room yang tersedia, mulai dari room yang menampiilkan menu-menu setiap Fakultas/Sekolah yang ada di ITB, dan ada pula room yang menghadirkan informasi terkini soal kegiatan kemahasiswaan dan beasiswa. Di setiap room, mahasiswa bisa berinteraksi secara langsung dengan pegawai ITB, dan bahkan mengunduh booklet maupun data yang tersedia. 

Dalam sambutannya, Rektor ITB Prof. Ir. Reini D. Wirahadikusuma, PhD menuturkan, kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, membuat pihaknya agak terbatas untuk melakukan kegiatan, termasuk dalam penyelenggaraan Open House ITB yang setiap tahun dilaksanakan. Akan tetapi, ia berkeyakinan bahwa hal ini tidak lekas membuat ITB menyerah. 

“Kondisi yang terbatas ini tentunya tidak membuat kita menyerah. Tahun 2021, ITB membuat acara Open House secara virtual. Kami telah menyiapkan seluruh informasi terinci soal Fakultas/Sekolah, fasilitas apa saja yang bisa diakses mahasiswa, jenis-jenis layanan yang ada di ITB, informasi kemahasiswaan dan beasiswa, hingga jalur layanan penerimaan mahasiswa. Terdapat virtual exhibition dimana kami menyediakan fasilitas agar pengunjung bisa mengunduh informasi detil yang dibutuhkan dari setiap Fakultas/Sekolah dalam bentuk e-book, pemutaran video perkuliahan, sampai pada webinar yang memungkinan mahasiswa dan orang tua melakukan interaksi tanya jawab secara jarak jauh dengan masing-masing fakultas,” terang Reini. 

Di masa sulit ini, dimana ekonomi mengalami penurunan, ITB tetap berusaha memberikan layanan terbaik bagi seluruh civitas akademika ITB. Dukungan dana dari orang tua mahasiswa merupakan salah satu penopang kegiatan akademik di ITB. Dalam kondisi ini pula, Reini menyebutkan pihaknya bersyukur masih banyak orang tua mahasiswa yang bersedia mendanai biaya penyelenggraan pendidikan secara penuh. 

Di lain pihak, kata Reini, ITB juga selalu siap memberikan dukungan pada mahasiswa berpotensi tinggi namun dengan keterbatasan kemampuan financial. Pihaknya juga menyediakan berbagai keringanan dalam pembiayaan yang disesuaikan dengan kemapuan setiap mahasiswa. Bahkan, menurutnya banyak mahasiswa yang mendapatkan beasiswa penyelenggaraan pendidikan biaya hidup dan biaya tugas akhir

“Saya berharap semoga acara Open House ITB ini bisa memberikan informasi yang tepat dan benar tentang ITB. Terima kasih pada calon mahasiwa ITB atas minat dan kepercayaannya pada ITB. Semoga semua calon mahasiswa bisa menjalani proses pendaftaran ke perguruan tinggi dengan baik, meski caranya saat ini berbeda, akan tetapi diharapkan tidak mengurangi semangat untuk melanjutkan pendidikan,” pungkas Reini.