Berita

Komitmen ITB Sediakan Beragam Beasiswa Bagi Mahasiswanya

Minggu, 17 Januari 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB - Kehadiran mahasiswa ITB di dunia wirausaha dan dunia kerja di masa mendatang adalah embrio dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia. Untuk itu ITB berusaha memberikan Pendidikan yang inklusif pada semua mahasiswa dari berbagai macam latar belakang. 

“ITB memiliki komitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas dan mencanangkan program zero drop out (DO) bagi mahasiswa yang mengalami ketidakmampuan ekonomi, tetapi memiliki potensi dan kualifikasi akademik yang tinggi untuk menyelesaikan masa studi. Oleh karena itu, ITB berusaha semaksimal mungkin menyediakan berbagai program beasiswa yang bersumber dari ITB, pemerintah maupun non-pemerintah,” terang Direktur Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama S.Sn, M.Sn.

Sebagai lembaga yang menaungi pengelolaan beasiswa di ITB, kata Prasetyo, pihaknya terus berupaya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan berbagai program beasiswa dan bantuan biaya pendidikan demi memajukan pendidikan nasional.

Dalam pelaksanaannya, terdapat dua upaya yang ditempuh untuk membantu mahasiswa dalam menempuh pendidikannya di ITB. Pertama, melalui beasiswa bantuan biaya pendidikan berupa pemberian biaya pendidikan yang diberikan pada mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan berdasarkan pertimbangan keterbatasan kemampua ekonomi mahasiswa. Kedua, dukungan biaya pendidikan diberikan pada mahasiswa berdasarkan pertimbangan prestasi atau potensi akademiknya. 

Setiap tahunnya, penerima beasiswa di ITB terus meningkat. Hal ini berdasarkan data yang dihimpun oleh Sub Direktorat Kesejahteraan dan Pengembangan Karater Ditmawa ITB, bahwa di tahun 2019 terdapat 4.829 mahasiswa yang memperoleh beasiswa dan meningkat di tahun 2020 hingga 6.274 mahasiswa. 

Pada acara Virtual Open House ITB yang berlangsung 15-17 Januari 2020 ini, antusias para calon mahasiswa mengenai informasi soal beasiswa di ITB pun cukup tinggi.