Berita

Raih Best Paper dalam Ajang GEOSC 2020, Mahasiswa ITB Paparkan Peneliannya di Hadapan Para Geolog

Selasa, 19 Januari 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Mahasiswa ITB berhasil meraih penghargaan Best Paper dalam ajang Paper Contest GEOSC (Geoscience Student Competition)  2020, yang diselenggarakan November lalu. Pada kesempatan tersebut, tim dari mahasiswa ITB  yang beranggotakan Bondan Novanis Punto Aji, Dita Aprilia Putra, serta Muhammad Agung Murdifhi, mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian yang telah kami lakukan pada ajang PIT IAGI 2020 di Lombok, Nusa Tenggara Timur.  

“PIT IAGI adalah ajang Konvensi atau Petemuan Tahunan Para Ahli Geologi Seluruh Indonesia, yang tergabung dalam organisasi IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia). Kompetisi GEOSC 2020 adalah salah satu ajang yang digagas oleh FGMI (Forum Geosaintis Muda Indonesia), IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia), SM IAGI (Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia) ITERA dan UNILA yang bertujuan untuk mengajak seluruh anggota SM IAGI (Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia) untuk mengasah serta meningkatkan kemampuan melakukan penelitian ilmiah di bidang ilmu kebumian,” terang Bondan.

Pada kompetisi tersebut, pihaknya membuat paper yang berjudul “Identifikasi Zona Manifestasi Permukaan Menggunakan Citra Satelit Multisensor Di Lapangan Panas Bumi Kepahiang, Bengkulu”. Menurut Bondan, paper ini bertujuan untuk mengidentifikasi zona manifestasi permukaan di daerah Lapangan Panas Bumi Kepahiang, Provinsi Bengkulu menggunakan data citra multisensor dari Landsat-8 OLI, ASTER-TIR, dan Sentinel

Kemudian hasil dari kombinasi citra multisensor yang diverifikasi dengan data temperatur mata air panas dan fumarol di lapangan dari laporan PSDMBP untuk mengetahui efektivitas dari metode citra satelit dalam mempersempit pencarian zona manifestasi permukaan panas bumi.