Berita

Virtual ITB Integrated Career Days April 2021, Tetap Interaktif Meski Melamar Kerja Secara Daring

Rabu, 07 April 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Di era serba virtual ini, tak menjadi hambatan bagi pelamar kerja untuk mendapatkan informasi peluang kerja. Begitu pun dengan proses melamar pekerjaan, tetap bisa dilakukan secara online dengan konsep yang lebih interaktif. 

Virtual ITB Integrated Career Days 2021 yang digelar secara daring sejak  7-12 April 2021, menghadirkan konsep pameran, presentasi interaktif, konseling karir, dan rekrutmen pekerja secara online. Melalu website interaktif https://virtualfair.karir.itb.ac.id/ para pencari kerja tak hanya mendapatkan informasi peluang kerja, namun bisa berinteraksi dan wawancara dengan perusahaan secara virtual. 

“Selama tahun 2021, kami lakukan 2 kali kegiatan career days ini. Pertama, dilakukan di bulan April, kemudian di bulan Oktober bersamaan dengan acara Wisuda ITB.  Meski dilaksanakan secara virtual, pencari kerja tetap bisa berinteraksi dengan perusahaan. Jadi pola interaksi dalam mencari pekerjaanya tetap aman dan nyaman,” ujar Ketua Panitia sekaligus Kepala Sub Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan, Direktorat Kemahasiswaan ITB, Sonny Rustiadi SE, MBA., PhD, CBAP, pada acara Pembukaan Virtual ITB Integrated Career Days April 2021 Rabu pagi (7/4/2021). 

Hadir secara virtual, Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah mengemukakan ITB memiliki kewajiban dalam menghasilkan lulusan untuk kepentingan nasiobal. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya kebutuhan dalam mendapatkan solusi terhadap permasalahan nasional. Meski demikian, ia pun menegaskan bahwa mahasiswa ITB diharapkan tidak hanya menjadi lulusan yang unggul dan dibutuhkan dunia kerja saja. 

“Acara ini diharapkan sebagai langkah awal untuk mendapatkan peluang dan karir yang membahagiakan para pencari kerja untuk berkarya. Tentunya, kami tidak hanya berkewajiban menghasilkan tenaga kerja yang unggul, namun juga memiliki karakter yang baik serta softskill yang bagus. Dalam hal ini, tentu ITB sudah mencoba semaksimal mungkin untuk mempersiapkan mahasiswanya dalam menghadapi dunia kerja dan industry,” terang Reini. 

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertras) Provinsi Jawa Barat, Ir. Rachmat Taufik Garsadi, M.Si mengatakan, pihaknya berharap agar ITB bisa menjadi penggerak dalam mendorong terciptanya usaha-usaha yang bisa membuka peluang terserapnya tenaga kerja yang cukup banyak. Mengingat angka pengangguran di Jawa Barat yang masih cukup tinggi, pihaknya mengapresiasi kegiatan career days ini sebagai wadah pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikannya. 

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sangat bermanfaat bagi pencari kerja. Jika dilihat berdasarkan data, angka pengangguran di Jawa Barat itu masih cukup tinggi sekitar 2,32 juta penduduk. Untuk itu adanya acara itu, semoga bisa membuka peluang terserapnya tenaga kerja lebih banyak lagi, terutama bagi warga Jawa Barat,” ucapnya.