Berita

User Gathering ITB 2021, Tingkatkan Kualitas Lulusan dengan Sinergitas Dunia Usaha

Kamis, 08 April 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Sebagai bentuk konsistensi dalam meningkatkan kualitas lulusannya, ITB terus membangun sinergitas dengan berbagai pihak. Termasuk perusahaan yang menerima para lulusan ITB sebagai pekerjanya. Hal ini dilakukan guna menghimpun saran serta ide-ide, yang bisa dirangkum menjadi sebuah inovasi pendidikan yang berkorelasi dengan kebutuhan dunia industri dan teknologi. 

“ITB berkewajiban menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul, memiliki kompetensi baik softskill maupun hardskill, serta agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman. Dalam proses belajar di ITB tidak hanya dilakukan melalui kegiatan akademik saja. Tetapi juga kegiatan yang sifatnya kurikuler dan kokurikuler. Ada pun kegiatan ekstra kurikuler dalam bentuk kegiatan kemahasiswaan  yang dilakukan oleh para mahasiswa terutama di organisasi-organisasi kemahasiswaan maupun dalam interaksi antar mahasiswa yang lain,” terang Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM) ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring M. Eng saat menjadi Pembicara Utama pada User Gathering ITB secara virtual, pagi ini (8/4/2021). 

Ia mengatakan, sebagai bagian dari evaluasi atas tujuan dan proses pendidikan,  pihaknya melakukan tracer study. Hal ini dimaksudkan untuk mengukur kualitas lulusan terkait  kompetensi yang dibutuhkan oleh para lulusan kelak. Adapun survey yang dilakukan melibatkan responden yang terdiri dari para lulusan perguruan tinggi dan lembaga tempat lulusan tersebut bekerja. 

Menurutnya, informasi dari para lulusan sangat penting. Hal ini bisa menggambarkan bagaimana proses pembelajaran yang pekerja lakukan pada masa kuliah di ITB dan dikaitkan dengan kondisi nyata yang dihadapi di masyarakat setelah lulus

“Pandangan-pandangan serta penilaian dari lembaga atau perusahaan tempat lulusan ITB mengabdi itu penting. Karena hal tersebut bisa menjadi umpan balik yang bermanfaat untuk menunjukan penerimaan, kritisk, serta harapan masyarakat terkait kualitas lulusan ITB,” ucap Jaka. 
 
Paad kesempatan itu, dipaparkan pula hasil User Surey  tahun 2020 yang dilakukan oleh Tim Tracer Study dibawah naungan Direktorat Kemahasiswaan ITB. Kepala Sub Direktorat Profesi dan Kewirausahaan ITB. Sonny Rustiadi SE., MBA., PhD. CBAP mengungkapkan hasil survey ini merupakan bagian dari tanggung jawabnya pada seluruh mitra yang telah memberikan input, masukan dan kontribusi terhadap hasil survey user ITB. Adapun tahap pelaksanaan user survey, kata Sonny, dilakukan mulai dari persiapan dan perencanaan. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data user, penutupan kuesioner dan analisis data user, hingga penulisan laporan. 

“Tiga tahun terakhir ini, kami mendapatkan lonjakan yang cukup menggembirakan dari hasil user survey ini. Dimana di tahun 2017, kami menemukan sebuah capaian yang bisa dilakukan untuk meningkatkan respon rate dari user survey ini. Dan metode ini terus dilakukan dan dikembangkan ke depannya,” ucap Sonny.