Berita

ITB Gratiskan Biaya Kuliah Jalur Seleksi Mandiri Bagi Mahasiswa Kurang Mampu

Selasa, 04 Mei 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa – Ada kabar bahagia bagi calon mahasiswa ITB yang ingin mendaftar melalui jalur Seleksi Mandiri (SM). ITB akan membebaskan biaya kuliah dan biaya pendaftaran bagi mahasiswa yang kurang mampu. 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM) ITB, Prof. Jaka Sembiring menyebutkan, pembebasan biaya tersebut diberikan pada mahasiswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), atau mahasiswa yang memiliki kriteria yang sesuai. Calon mahasiswa tersebut, cukup mengunggah kartu atau surat keterangan yang menyebutkan kondisi sesuai persyaratan. 

“ITB memberikan pembebasan biaya pendaftaran bagi pendaftar dengan KIP-K atau keluarga kurang mampu setara dengan kriteria syarat KIP-K. Calon mahasiswa dapat dengan mengunggah kartu KIP-K atau keterangan tidak mampu," terang Jaka, seperti yang dikutip dari situs berita Detik Edu,(4/5/2021).

Ia menuturkan, keputusan itu merupakan pertimbangan akademik. Sehingga, jika mahasiswa yang kurang mampu lolos dalam SM akan mendapatkan kemudahan dalam menempuh pendidikan di ITB. Tak hanya itu, Jaka menegaskan bahwa pertimbangan prestasi akademik yang tinggi adalah kriteria uta,a dan satu-satunya dalam proses penerimaan mahasiswa baru. 

Untuk biaya pendaftaran jalur SM, kata Jaka, dipatok sebesar Rp. 200 ribu bagi pendaftar seluruh program studi, kecuali untuk FSRD. Khusus FSRD biaya pendaftaran dipatok sebesar Rp. 300 ribu.  Khusus untuk jalur SM ITB, memang dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi. Akan tetap menurut Jaka, pembebasan biaya bagi mahasiswa kurang mampu menunjukan bahwa kesempatan pendidikan di ITB terbuka bagi setiap orang. 

"Menunjukkan langkah ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun berprestasi tinggi," ucapnya. 

Selain itu, jalur SM ITB juga memberikan bentuk keringanan lainnya bagi mahasiswa yang sudah lolos selesi, yaitu pembayaran uang kuliah dengan sistem cicilan. Jaka menyebutkan, pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat dilakukan juga dengan cara mencicil. 

Untuk informasi pendaftaran jalur SM ITB, sudah dibuka sejak 3 Mei 2021 hingga 15 Juni 2021 mendatang. Informasi lebih lengkap perihal pendaftaran bisa diakses melalui website resmi ITB : https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri