Berita

12 Finalis Mahasiswa Berprestasi ITB Bersaing Melaju ke Pilmapres 2021

Selasa, 18 Mei 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB -  Sebanyak 12 mahasiswa ITB perwakilan dari setiap Fakultas/Sekolah melakukan seleksi presentasi dan wawancara dalam rangka menuju Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional (Pilmapres) 2021. Acara seleksi awal dilakukan ITB pada 18-19 Mei 2021, dan hasil dari seleksi tersebut berkesempatan untuk melaju ke babak selanjutnya yakni Pilmapres 2021 yang rencananya digelar September mendatang. 

Kepala Sub Direktorat Kemasyarakatan dan Prestasi Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Srimiati M.Si menuturkan, 12 mahasiswa tersebut merupakan usulan-usulan dari setiap Fakultas/Sekolah di ITB. Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa pilihan yang lolos seleksi administrasi tahap awal, yang berikutnya diserahkan pada Ditmawa untuk mengikuti seleksi lebih lanjut. 

“Seleksi kali ini dilakukan secara daring. Jika di tahun sebelumnya, hasil seleksi mengerucut jadi 6 mahasiswa, kini ada 12 mahasiswa terpilih yang bisa ikut seleksi lanjut. Mahasiswa-mahasiswa tersebut diberikan pembinaan serta pembekalan berbagai materi, seperti wawasan kebangsaan, membuat karya tulis ilmiah, hingga Bahasa inggris,” terang Srimiati. 

Tak hanya itu, untuk menambah wawasan perihal seleksi di tingkat nasional, Ditmawa ITB juga melakukan sesi sharing dengan pembicara Mahasiswa Berprestasi Nasional 2020. Hal ini dimaksudkan, agar para finalis dari ITB bisa mempelajari dan mendapatkan bayangan bagaimana proses seleksi di tingkat nasional. 

Pada proses seleksi tingkat ITB, 12 mahasiswa diberikan kesempatan untuk memaparkan capaian unggulan serta ide kreatifnya. Menurut Srimiati, kedua hal tersebut memiliki bobot penilaian yang cukup tinggi, termasuk bagaimana mahasiswa berkomunikasi dalam menyampaikan gagasannya di depan Juri secara daring. 

“Harapannya, dengan adanya pembekalan yang cukup matang serta waktu persiapan yang cukup panjang, maka didapatkan mahasiswa berprestasi ITB yang juga unggul tak hanya di bidang akademik tetapi juga memiliki dampak pada masyarakat. Mudah-mudahan dari hasil seleksi ini, mahasiswa ITB yang nantinya terpilih melaju ke tingkat nasional bisa menjadi meraih hasil terbaik,”ujarnya.

Seleksi tingkat ITB didampingi dan dinilai oleh 5 juri dengan latar belakang akademik dan pengalaman profesi yang berbeda-beda. Diantaranya, Direktur Ditmawa ITB Dr. Prasetya Adhitama M.Sn, Dosen Sekolah Bisnis dan Management (SBM) Sonny Rustiadi S.E.,MBA, Ph.D CBAP, Dosen Matematika dari FMIPA Dr. Gantina Rachmaputri M.Si, Dosen Geologi dari FITB Dr. Eng. Very Susanto, serta Kepala Bimbingan Konseling Ir. Hendri Syamsudin Ph.D.