Berita

Ini Dia 4 Besar Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB 2021

Rabu, 19 Mei 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Seleksi Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB 2021 berlangsung ketat. Dari 12 mahasiswa perwakilan tiap Fakultas/Sekolah, akhirnya juri menetapkan 4 Besar Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB 2021. Keempat mahasiswa tersebut diantaranya Angelica Wiliana (SITH), Fandi A Wiranata (STEI), Ilham Subandoro (SBM), M. Firman Nurudin (FITB). 

Menurut perwakilan Juri Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB 2021, Dr. Eng. Very Susanto, keempat mahasiswa ini diberi kesempatan untuk memperbaiki Curriculum Vitae (CV) serta portfolionya, terutama dalam bidang capaian unggulan. Hal ini dimaksudkan agar bisa meningkatkan penilaian dari juri. Adanya klaim prestasi maupun kompetisi diwajibkan menyertakan bukti pemberian sertifikat dan ditanda tangani oleh penyelenggara dan menuliskan tautan soal kegiatan yang diikuti. 

“Keempat besar ini bukanlah merupakan hasil final. Artinya nilai keempat mahasiswa ini bisa saja berubah dan tentu ini akan berdampak pada penentuan akhir. Diharapkan, usai pengumuman ini, keempat mahasiswa berprestasi yang telah terpilih bisa menghubungi Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB dan berkonsultasi pada pembimbing masing-masing mahasiswa,” terang Very usai mengumumkan 4 Besar Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB 2021 pada Rabu (19/5/21). 

Sementara itu, Direktur Direktorat Kemahasiswaan (DItmawa) ITB sekaligus Juri Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB 2021, Dr. G. Prasetyo Adhitama M.Sn, menuturkan ada banyak faktor penilaian yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa berprestasi. Selain bobot penilaian capaian unggul dan gagasan kreatif yang harus besar, Prasetyo juga berharap agar mahasiswa berprestasi ITB juga memiliki prestasi di bidang sosial, kemahasiswaan, sofskill yang baik, serta mampu mengimplementasikan ilmu akademiknya untuk diaktulisasikan di masyarakat. 

“Harapannya, dari seleksi-seleksi yang telah dilalui, kita jadi bisa melihat keunikan dan prestasi-prestasi mahasiswa selain akademiknya. Tentu saja kita berpedoman juga pada profil mahasiswa unggul yang sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri. Mudah-mudahan mahasiswa berprestasi ITB juga bisa berprestasi di pemilihan tingkat nasional,” kata Prasetyo. 

Usai melalui tahapan seleksi yang ketat, keempat mahasiswa berprestasi tingkat ITB ini pun akan diberikan pembinaan. Selanjutnya, mahasiswa tersebut diseleksi kemballi untuk menentukan peringkat kemenangan di tingkat ITB dimana juara 1-nya akan mewakili ITB untuk berlaga di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional (Pilmapres) 2021, yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional RI.