Berita

Ilham Subandoro, Mahasiswa SBM Jadi Mahasiswa Berprestasi ITB 2021

Rabu, 02 Juni 2021 - Anne Rufaidah

BANDUNG, Ditmawa ITB – Ilham Subandoro, mahasiswa dari Sekolah Bisnis dan Managemen (SBM) berhasil menjadi Juara 1 dalam pemilihan Mahasiswa Berprestasi ITB 2021. Ilham berhasil mengungguli 11 peserta lainnya yang jadi perwakilan dari tiap Fakultas/Sekolah yang ada di ITB. Disusul oleh Angelica Williana sebagai Juara 2 dan M. Firman Nurrudin sebagai Juara 3. 

“Alhamdulilah, bersyukur dan tidak menyangka juga hasilnya juara 1 karena peserta lainnya juga memiliki kelebihan dan prestasi yang bagus juga. Ada yang bidang riset, bisnis, dan banyak prestasi lainnya. Saya bersyukur sekali karena hal ini pun sekaligus menorehkan sejarah bahwa baru kali ini ada mahasiswa SBM yang bisa meraih Juara 1 dalam ajang Mahasiswa Berprestasi ITB,” ujar Ilham usai diumumkannya Mahasiswa Berprestasi ITB 2021 secara daring (28/5/2021).

Baginya,arti berprestasi sangat luas. Ia menyakini bahwa setiap mahasiswa jika memaksimalkan potensi yang dimiliki, entah itu di bidang apapun, bisa dikatakan berprestasi. Yang tak kalah penting, menurut Ilham, berprestasi pun harus bisa bermanfaat bagi masyarakat lainnya.  Ilham yang bercita-cita melanjutkan pendidikannya di luar negeri ini pun mengaku jika suatu hari ia ingin memiliki sebuah jabatan penting di negeri ini. Hal ini dilakukannya, agar ia bisa memperluas kebermanfatan ilmunya.

Sementara itu, perwakilan Juri sekaligus Direktur Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Dr. Prasetyo Adhitama, M.Sn menuturkan, terpilihnya Ilham sebagai Mahasiswa Berprestasi ITB 2021 sudah sesuai dengan panduan serta pedoman penilaiannya yang dikeluarkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Menurutnya, nilai capaian utama dan gagasan kreatif Ilham, memiliki keunggulan yang lebih, dibandingkan peserta lain.

“Dari 12 peserta, kita menyeleksi menjadi 4 besar kemudian ditentukan jadi 3 besar. Semua peserta merupakan calon kuat Mahasiswa Berprestasi ITB 2021, karena mereka juga merupakan mahasiswa berprestasi dari Fakultas/Sekolah masing-masing. Dari sisi kualitas prestasi maupun gagasan kreatifnya, semuanya bagus. Akan tetapi tentu kita harus memilih keunggulan yang berbeda dan Ilham memiliki keseimbangan yang baik antara prestasi, softskill, maupun ide yang dimiliki,” terang Prasetyo.

Kombinasi prestasi akademik dan non-akademik yang dimiliki Ilham, kata Preasetyo, menjad keunggulan yang harus terus dikembangkan. Baginya, visi dan misi yang dimiliki Ilham, termasuk karakter dalam mengikuti tahapan seleksi, juga menjadi poin penting penilaian juri. Ilham pun sekaligus menjadi perwakilan ITB untuk melenggang ke ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional (Pilmapres) 2021 yang diadakan oleh Puspresnas.

“Meski sudah diumumkan jadi pemenang, kami tetap menyarankan agar Ilham terus mengembangkan gagasan kreatif yang dimilikinya juga. Dan untuk menyju Pilmapres nanti, kami akan memberikan pembinaan bersama dosen dari program studi yang bersangkutan, termasuk dengan dosen lainnya yang relevan dengan gagasan yang dimiliki Ilham,” pungkasnya.