Berita

Memperbesar Peluang Karir di Jepang Lewat Virtual Japan Information Session ITB 2021

Minggu, 18 Juli 2021 - Anne Rufaidah 733

BANDUNG, Ditmawa ITB – Digelar sejak 16 Juli 2021, ITB Career Center menggelar Virtual Japan Information Session ITB 2021. Acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut, menghadirkan berbagai informasi dan profile perusahaan-perusahaan Jepang, baik yang berlokasi di Jepang maupun di Indonesia. 

Acara yang dilaksanakan secara virtual melalui website virtualfair.itb.ac.id ini, menyajikan rangkaian kegiatan dalam beberapa menu. Menurut Kasubdit Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan, Direktorat Kemahasiswaan, Sonny Rustiadi SE, MBA, PhD, CBAP, acara ini merupakan tonggak bersejarah bagi ITB Career Centre karena merupakan langkah awal dimulainya International professional preparation program untuk berkarir di Jepang. 

“Kegiatan ini merupakan rangkaian acara wisuda ITB Juli 2021. Hadirnya pameran virtual ini merupakan jobfair yang dikhususkan untuk perusahaan Jepang, baik yang berlokasi di Jepang maupun yang memiliki kantor perwakilan di Indonesia. Dalam acara ini, terintegrasi  berbagai kegiatan seperti aktivitas promosi, pameran, presentasi perusahaan, serta wawancara dalam satu event kegiatan,” jelas Sonny. 

Acara yang bekerjasama dengan Program Studi Sastra Jepang Universitas Padjajaran (Unpad) ini pun menghadirkan beragam informasi soal kehidupan, pola komunikasi, dan budaya kerja di perusahaan Jepang. Ketua Prodi Sastra Jepang Unpad, Amaliatun Saleha, M.Si, PhD mengungkapkan kerjasama penyelenggaraan pameran ini membuka semakin luasnya jejaring antara Unpad dan ITB.

“Pada dasarnya, saya berharap adanya kegiatan ini menjadi pintu untuk mengawali lebih banyaknya lagi kerjasama antara Unpad dan ITB. Terlebih dengan adanya program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), maka hal ini membuka peluang terciptanya program-program lainnya,” ucap Amaliatun. 

Tak hanya bekerja sama dengan Unpad, pada pelaksanaan paeran virtual ini pun ITB Career Centre mengajak Unit Kebudayaan Jepang (UKJ) ITB. Ketua UKJ ITB, M. Arya Ibnu Rahman menuturkan, sebagai garda terdepan mahasiswa yang berminat soal kebudayaan Jepang, pihaknya menyambut baik kegiatan pameran ini. Pasalnya, banyak mahasiswa ITB yang tertarik untuk bekerja di perusahaan Jepang. 

“Dengan adanya acara ini diharapkan minat dan cita-cita kami untuk melanjutkan pendidikan maupun berkarir di Jepang bisa jadi lebih lancar,” pungkas Arya.