Berita

PMB 2021, Mengenal Beragam Beasiswa Pemerintah dan Non Pemerintah di ITB

Sabtu, 18 September 2021 - Anne Rufaidah 447

BANDUNG, Ditmawa ITB – Mahasiswa ITB berkesempatan untuk bisa meraih beasiswa, baik beasiswa yang berasal dari mitra pemerintah atau pun non pemerintah. Hal tersebut diterangkan dalam acara Pengenalan Beasiswa Pemerintah dan Beasiswa Non Pemerintah, yang digelar secara daring pada 18 September 2021.

Analis Data Direktorat Kemahasiswaan ITB, Danial, megungkapkan terdapat beasiswa pemerintah dan non pemerintah di ITB. Pihaknya merupakan pengelola beasiswa pemerintah, dimana program yang digulirkan adalah Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Program tersebut diperuntukan bagi mahasiswa, termasuk penyandang disabilitas dengan prioritas sasaran mahasiswa pemegang KIPK.

“Fungsi dari KIP-K ini adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA atau sederajat, yang memiliki potensi akademik baik namun memiliki keterbatasan ekonomi,” ucap Danial.

Keunggulan dari program ini, menurutya adalah pembebasan biaya perdaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi, pembebasan biaya kuliah, dan juga memperoleh bantuan biaya hidup. Adapun untuk kategori KIP-K terbagi dalam 2 kelompok, KIP-K dan KIP-K Afirmasi. Untuk KIP-K Afirmasi meliputi biaya program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat, ADik 3T, dan ADik Difabel.

Selain beasiswa pemerintah, terdapat beasiswa non pemerintah. Kepala Seksi Beasiswa Non Pemerintah, Ditmawa ITB, Yanti Sukmawati S.Kom,, M.M mengemukakan, jenis-jenis beasiswa non pemerintah yang ada di ITB diantaranya beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT), beasiswa bantuan biaya hidup, serta beasiswa tugas akhir. Pemberian beasiswa tidak selalu sepenuhnya diberikan oleh mitra beasiswa, sebagian diantaranya memberikan beasiswa dalam bentuk subsidi.

“Setiap pembukaan beasiswa diumumkan di website kemahasiswaa.itb.ac.id, begitu pun dengan pendaftaran secara online. Pada tahun  2021 terdapat 60 donatur dan memberikan beasiswa pada 1.548 mahasiswa ITB,” ucap Yanti.