Berita

PMB 2021, Belajar Mengembangkan Diri Mahasiswa di Asrama ITB 

Minggu, 19 September 2021 - Anne Rufaidah 449

BANDUNG, DItmawa ITB – Peranan Asrama ITB tak hanya dibangun sebagai sebuah tempat tinggal sementara mahasiswa, namun juga sarana pembelajaran dan pengembangan karakter mahasiswa.  ITB memiliki 5 asrama diantaranya Asrama Siliwangi, Asrama Kidang Pananjung, Asrama Internasional, Asrama Kanayakan, serta Asrama Jatinangor. 

Kpprdinator Umum Asrama Ganesha ITB, Naufal Hanif Ramadhan mengungkapkan Asrama ITB mengadakan beragam kegiatan untuk mahasiswa khususnya penghuni asrama. Berdasarkan kebijakan ITB, mahasiswa yang dapat tinggal di asrama wilayah Bandung. Kampus ITB. adalah mahasiswa TPB program KIP-K, Afrirmasi, dan mahasiswa Non-Bidikmisi, sedangkan untuk Asrama Internasional untuk mahasiswa internasional. 

“Di asrama, baik secara offline maupun online kami mengadakan program pengembangan diri dan pembinaan karakter mahasiswa. Kegiatan tersebut dilakukan denan konsep Living and Learning Community, yang terbagi dalam beberapa skala kegiatan yakni kegiatan harian, mingguan, bulanan hingga tahunan,” ucap mahasiswa yang akrab disapa Hanif ini. 

Ia menyebutkan, untuk kegiatan harian misalkan mengadakan tutorial akademik dan kututoran. Sedangkan kegiatan mingguan bisa berupa konseling, apel pagi, dan juga kerja baikti. Untuk kegiatan bulanan, pihaknya melakukan pembinaan terpusat dan untuk kegiatan skala tahunan diadakan PPKM, turnamen asrama, serta rekrutmen tutor.  

Pada beberapa program, kata Hanif, terdapat program pengembangan karakter dan motivasi, dimana kegiatan ini sekaligus kegiatan penyambutan mahasiswa baru di ITB, khususnya para penerima beasiswa KIP-K dan Afrimasi. Kegiatan terpusat dilakukan guna memperkuat penanaman nilai-nilai pembinaan yang sudah dilakukan sebelumnya dengan program pembinaan karaktter. Elai untuk di asrama pun mahasiswa bisa melakukan konseling sebagaio sarana memberikan tempat bagi mahasiswa untuk curhat, bermain dan bercanda dengan penghuni asrama lainnya. 

“Asrama juga merupakan sarana healing para mahasiswa baru ITB dari padatnya agenda yang dijalani saat ini. Untuk hiburan di sela-sela kegiatan akademik, setiap tahun Asrama ITB pun menyelenggarakan Turnamen Olah raga, berupa kegiatan lomba-lomba serta sebagai sarana mempertemukan penghuni asrama satu sama lain,” ucapnya.